search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kadek Sadnyana Pejuang Pertanian yang Ingin Petani Bahagia
Kamis, 2 Maret 2023, 17:08 WITA Follow
image

beritabali/ist/Kadek Sadnyana Pejuang Pertanian yang Ingin Petani Bahagia.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Terlahir dari keluarga petani, I Kadek Sadnyana, pemilik dari Toko Pertanian Mahagiri Agrindo dan Putri Agro Mandiri bertekad ingin membantu petani Jembrana untuk mencapai kesejahteraannya. 

Berbekal dari pengalamannya sebagai Wakil Kelihan Subak Abian Mekar Sari sejak tahun 2007 hingga tahun 2019 dan pengalamannya bekerja di PT. Nufarm Indonesia Regional Jawa Timur-Bali sejak 2010 hingga menjadi manajer marketing di tahun 2015 untuk wilayah Bali, membuatnya sangat paham dengan seluk beluk di dunia pertanian dan akan menggunakannya untuk membantu petani.

Kecintaan pada dunia pertanian ternyata sudah muncul saat mengenyam pendidikan di tingkat SMK Kadek Sadnyana atau yang akrab dipanggil Kadek Kembar, karena memiliki saudara kembar ini pernah meraih penghargaan Juara III LKS Tingkat Nasional pada tahun 2005 (Lomba Kompetensi Siswa) Bidang Agronomi di Jakarta. 

Prestasinya di bidang akademik ternyata tidak main-main, sejak SD hingga SMK selalu meraih Predikat juara 1 baik di kelas maupun umum. Pengetahuan dan pengalamannya di bidang pertanian membuatnya kerap memberikan penyuluhan kepada para petani Jembrana tentang optimalisasi peningkatan produksi pertanian.

“Sebagai anak petani saya punya tanggung jawab moral untuk memajukan sektor pertanian di Jembrana, apalagi sektor ini sudah terbukti tidak terdampak ketika Jembrana terserang wabah Covid-19, apa yang saya lakukan selama ini dalam membantu meningkatkan hasil produksi pertanian adalah untuk kesejahteraan petani, sudah saatnya petani kita bahagia,” ujar Kadek Sadnyana yang  juga Kepala bidang Advokasi Asosiasi Pengusahan Penyalur Sarana Pertanian provinsi Bali.

Lebih lanjut Kadek Sadnyana menyampaikan, dukungan pemerintah kabupaten Jembrana saat ini, di bawah kepemimpinan Bupati I Nengah Tamba dan Wakil Bupati Patriana Krisna sangat besar kepada petani. 

Selain memberikan insentif kepada para ketua subak, dana talangan kepada koperasi jika gagal panen hingga mencarikan CSR ke Bank BUMN berupa Rice Milling Unit (RMU). Dukungan pemerintah ini tentu berdampak sangat besar bagi petani di Jembrana.

“Selaku penggerak di sektor pertanian, tentu kami sangat terbantu dalam mewujudkan kesejahteraan petani karena mendapat dukungan penuh dari pemerintah kabupaten,” jelas Kadek Sadnyana yang juga menjabat sebagai Bendahara DPC Partai Demokrat Jembrana. 

Sebagai anak muda yang juga aktif di dunia politik, tentu ada harapan lebih besar ketika bisa memperjuangkan kesejahteraan petani melalui jalur legislatif. Oleh karena itu, Kadek Sadnyana sedang berproses untuk menjadi Calon Legislatif (Caleg) untuk pemilu 2024 nanti.

“Benar, perjuangan untuk lebih mensejahterakan petani harus dilakukan dari segala bidang, kebijakan-kebijakan yang pro terhadap petani harus dilakukan melalui legislatif, oleh karenanya untuk pemilu legislatif tahun depan, saya maju untuk daerah pemilihan kecamatan mendoyo, mohon doa restunya,” pungkas kadek sadnyana.

Editor: Robby

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami