search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kakao Jembrana Dapat Sokongan Kemenkop UKM
Rabu, 8 Maret 2023, 13:22 WITA Follow
image

beritabali/ist/Kakao Jembrana Dapat Sokongan Kemenkop UKM, Lewat Major Project Pengelolaan Terpadu UMKM.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Gumi Makepung Jembrana terkenal dengan komoditas unggulannya, yaitu kakao, yang bahkan telah berhasil menembus pasar internasional. 

Seiring berjalannya waktu, produktivitas dan kualitas kakao Jembrana terus meningkat dan memiliki profil aromatik yang unik sehingga diminati oleh negara-negara pembuat cokelat di seluruh dunia.

Karena keunikan ini, Kakao Jembrana mendapat dukungan dan perhatian dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya, dengan diberikannya Major Project Pengelolaan Terpadu UMKM Komoditas Kakao Fermentasi.

"Kita di Jembrana disambut hangat oleh Kementerian, buktinya dengan diberikannya Major Project Pengelolaan Terpadu UMKM Komoditas Kakao Fermentasi," ungkap Bupati Jembrana I Nengah Tamba.

Ia mengatakan hal tersebut ketika membuka Workshop Lokakarya Informasi Pasar Eropa Untuk Mendukung Major Project Pengelolaan Terpadu UMKM Komoditas Kakao Fermentasi pada Selasa (7/3/2023) di Hotel Jimbarwana Kabupaten Jembrana.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan UMKM dan Koperasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) dalam mendukung pengembangan kakao di Jembrana.

Ia juga menerangkan bahwa pihaknya telah memberikan dukungan dan mendorong petani untuk terus mengembangkan komoditas kakao unggul di Jembrana untuk mendominasi pasar. Selain itu, ia telah mencanangkan Jembrana sebagai Kota Kakao. Gerakan ini dideklarasikan mulai dari tingkat desa dengan menjadikan beberapa desa di Jembrana sebagai Desa Kakao.

"Beberapa desa di Jembrana sudah saya deklarasikan sebagai desa kakao. Sementara mendukung produksinya, penanaman bibit kakao sudah kita lakukan dari hulu hingga hilir. Melalui gerakan Ayo Tanam Kakao, harapan saya kakao di Jembrana akan mendominasi pasar dunia," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan UMKM dan Koperasi Bapenas RI, Dr. Ir. Ahmad Dading Gunadi, MA, menegaskan bahwa Jembrana telah ditetapkan sebagai Major Project Pengelolaan Terpadu UMKM Komoditas Kakao Fermentasi.

"Jembrana kita tetapkan sebagai Mayor Project Komoditas Kakao. Kita ingin memperkuat lagi di sisi hilir atau peluang pasarnya, yaitu pasar luar negeri," katanya saat diwawancarai usai pembukaan workshop.

Baca juga:
Kakao Jembrana Lewat Suguhan ">Pamerkan Kakao Jembrana Lewat Suguhan "Chocolate Morning"

Pihaknya menambahkan bahwa melalui kegiatan tersebut, ingin membantu Kabupaten Jembrana memberikan pengetahuan dalam penemuan standar pasar internasional dalam pengembangan komoditas kakao di Jembrana.

"Kita ingin memenuhi kebutuhan pasar agar sesuai standar pasar, bahkan mulai dari bibit kakao yang ditanam di Jembrana," imbuhnya.

Editor: Robby

Reporter: Humas Jembrana



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami