search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kapolda Cek Pelabuhan Gilimanuk, Terapkan Strategi Antisipasi Potensi Kepadatan
Rabu, 27 Desember 2023, 18:58 WITA Follow
image

beritabali/ist/Kapolda Cek Pelabuhan Gilimanuk, Terapkan Strategi Antisipasi Potensi Kepadatan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Dalam upaya menjaga kelancaran arus lalu lintas menjelang akhir tahun, Irjen Putra Narendra dan jajaran Polda Bali bekerja sama dengan ASDP Cabang Ketapang melakukan pengecekan di Pelabuhan Gilimanuk, Rabu, 27 Desember 2023. 

Strategi antisipasi termasuk rekayasa arus lalu lintas dan penyiapan kantung parkir dilakukan untuk mengatasi potensi kepadatan.

Menurut data ASDP Cabang Ketapang, terjadi peningkatan sekitar 27 persen jumlah orang dan kendaraan yang memasuki Bali sejak H-7 Tahun Baru 2024, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kapolda Bali Irjen Ida Bagus Kade Putra Narendra menekankan keselamatan dalam perjalanan dan mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri saat berkendara jauh. Dalam momen liburan akhir tahun ini, penting bagi semua pengguna jalan untuk mematuhi aturan dan istirahat jika merasa mengantuk atau lelah.

Dalam langkah bersama menciptakan kondisi aman, Kapolda Bali dan ASDP Cabang Ketapang berkolaborasi dengan Forkopimda dan lintas sektor untuk memastikan pelayanan angkutan Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Gilimanuk berjalan lancar. Masyarakat diharapkan dapat bersinergi dalam menjaga ketertiban dan keselamatan.

GM ASDP Cabang Ketapang, Syamsudin, mengakui puncak arus masuk Bali terjadi pada 23 Desember 2023. Dia memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada H+2 Tahun Baru, yakni 3 Januari 2023. 

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, ASDP sudah menyiapkan skenario, termasuk rekayasa arus lalu lintas dan penjualan tiket kapal sehari sebelum keberangkatan.

Syamsudin menyebutkan bahwa ASDP telah menyiapkan 4 kapal bantuan dari total 53 armada untuk mengatasi potensi penumpukan kendaraan. Pengguna jasa juga diimbau untuk membeli tiket sehari sebelum perjalanan guna menghindari penumpukan kendaraan di pelabuhan. Operasional kapal besar ASDP juga disesuaikan dengan kondisi cuaca, termasuk antisipasi terhadap air laut surut.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami