search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemkab Gianyar Janji Bantu Bedah Rumah Desak Niang yang Tinggal di Perentenan Pura
Kamis, 30 Maret 2023, 13:34 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pemkab Gianyar Janji Bantu Bedah Rumah Desak Niang yang Tinggal di Perentenan Pura.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Lansia Desak Niang Kasih (80) yang tinggal di perentenan (dapur) pura Merajan Satria Taman Bali, Banjar Bandung, Desa Siangan, Kecamatan Gianyar mendapat perhatian pemerintah desa dan kecamatan. Pemerintah berjanji membantu Desak Niang dengan bedah rumah.

Perbekel Siangan I Ketut Berata, keluarga Desak Niang sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). ”Sudah pernah mengajukan, tahun ini kembali diajukan. Menunggu anggaran perubahan. Yang dibutuhkan memang tempat tinggal,” jelas Perbekel.

Sementara itu, Camat Gianyar, Alit Adnyana mengatakan keluarga ini memang perlu bedah rumah. “Mereka layak dapat bedah rumah. Apalagi tempatnya sudah ada, tinggal pengajuan proposal,” jelasnya.

Pihak kecamatanakan mencoba untuk melakukan pendekatan ke Dinas Perkim Kabupaten Gianyar. “Karena di Desa baru bisa di anggaran perubahan, siapa tahu di Perkim bisa lebih cepat. Ini masih kita koordinasikan,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Desak Niang Kasih hidup bersama suaminya Dewa Taman, dalam kekurangan. Anaknya seorang tukang parkir. Mereka tinggal di satu kamar yang berdesakan. 

Desak Niang pun tiap siang beraktivitas di perentenan pura keluarga besar. Untuk bertahan hidup, Desak Niang mengandalkan munuh atau memungut sisa panen padi. Juga hidup dari ukuran tangan kerabat. Namun bantuan dari kerabat tak banyak, seadanya Rp 10-20 ribu saja.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami