search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Piala MotoGP Mandalika Dibuat di Tuksedo Studio Bali
Jumat, 18 Maret 2022, 16:30 WITA Follow
image

bbn/bali.tribunnews.com/Piala MotoGP Mandalika Dibuat di Tuksedo Studio Bali

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Tuksedo Studio kembali ditunjuk oleh  Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk merancang dan memproduksi piala untuk ajang turisme otomotif besar selanjutnya yaitu  Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022.

Piala Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 yang biasa disebut sebagai Moto GP Mandalika ini dibuat oleh karya anak bangsa di Tuksedo Studio yang beralamatkan di Jalan Tukad Tampuagan No 356, Ketewel, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali.

Desainer  Tuksedo Studio mengambil inspirasi dari “Obor” yang melambangkan menyalanya api kompetisi yang balap panas.

Api itu selanjutnya menjadi simbol inspirasi dari bangkitnya perekonomian Indonesia, terutama pada sektor turisme yang terdampak oleh pandemi dewasa ini, dengan harapan besar agar kita dapat sama-sama menjaga agar api dari “obor” ini tidak pernah padam.

Berbentuk obor yang digunakan untuk estafet seperti pada ajang olimpiade,  Tuksedo Studio berharap agar piala yang melambangkan semangat dan kebangkitan Indonesia yang diawali di Mandalika ini dapat diteruskan estafetnya secara berkelanjutan.

"Sebagai bukti bahwa Indonesia tidak hanya mampu mengadakan event berskala internasional hanya sekali dua kali, tapi juga sebagai negara yang memiliki kemampuan artistik dan produksi tahap dunia secara terus menerus," kata Pudji Handoko selaku Owner  Tuksedo Studio sekaligus andil dalam pembuatan piala MotoGP.

Umumnya digunakan sebagai material dari kendaraan-kendaraan yang memang dirancang untuk memiliki kecepatan tinggi karena sifatnya yang ringan dan memiliki kekuatan yang tepat untuk menopang kecepatannya,  Tuksedo Studio yang memiliki spesialisasi dalam pembuatan mobil balap klasik dari bahan dasar aluminium memutuskan untuk memilih bahan tersebut sebagai lambang dari ajang balap yang pemenangnya ditentukan oleh kecepatan pengendara serta performa kendaraannya.

Ada pun corak motif lokal yang terdapat pada piala turut melengkapi pola siluet sirkuit yang mendasari desain piala ini secara umum sebagai ajang MotoGP yang diselenggarakan di Mandalika.

Kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada  Tuksedo Studio oleh Dorna Motorsport dan sebagai desainer piala pada dua ajang balap internasional pertama di sirkuit Mandalika ini merupakan bukti bahwa Indonesia tidak hanya mampu menggelar ajang berskala dunia, namun juga fakta bahwa para seniman dan pekerja lokal memiliki kapasitas yang mumpuni untuk merancang dan membuat langsung dengan tangan sendiri sebuah karya seni berkelas dunia.

Sementara itu, dampak positif atau berkah dari ajang  MotoGP Mandalika 2022 dirasakan sejumlah pelaku pariwisata  Bali karena kendaraan mereka disewa untuk mendukung kesuksesan event tersebut.

Tercatat oleh Perusahaan Angkutan Pariwisata  Bali (PAWIBA), sebanyak 100 unit lebih kendaraan milik anggotanya telah disewa untuk gelaran ajang  MotoGP Mandalika 2022.

"Kurang lebih 100 unit. Semua rata-rata yang disewa jenis medium bus kapasitas 35 orang," ujar Anggota Bidang Umum dan Media PAWIBA, Wayan Thomas B kepada Tribun Bali, Kamis 17 Maret 2022.

Thomas menambahkan, untuk 100 unit kendaraan dari PAWIBA ini diberangkatkan ke Lombok secara bertahap melalui Pelabuhan Padang Bai, mulai Rabu 16 Maret 2022, pukul 11.00 Wita.

Dan kloter terakhir unit kendaraan yang akan berangkat Jumat malam.

Pihaknya sebagai salah satu Organda di  Bali diminta support kendaraan, karena di NTB kekurangan armada untuk shuttle bus bagi para penonton.

"Jadi permintaan mereka support dari dua Organda (Organisasi Angkutan Darat) yang ada di  Bali dan Jawa Timur.  Bali memang juga kekurangan jadi Organda Jawa Timur juga dilibatkan," imbuh Thomas. (Sumber : Tribun-Bali.com)

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami