search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Satpol PP Ungkap Prostitusi Berkedok Spa di Bali, Pekerjakan Anak di Bawah Umur
Rabu, 17 Juli 2024, 22:30 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Satpol PP Ungkap Prostitusi Berkedok Spa di Bali, Pekerjakan Anak di Bawah Umur.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Sebuah spa di Bali diketahui diduga menjadi tempat praktik prostitusi. Bahkan tempat tersebut mempekerjakan anak di bawah umur.

Kepala SatPol PP Bali Dewa Darmadi mengancam akan menindak tegas spa tersebut.

"Kami paham betul bahwa bisnis spa di Bali juga menjadi kebutuhan untuk mendukung pariwisata. Namun jangan sampai dalam mendukung pariwisata tersebut terus harus melanggar norma, kesusilaan, adat dan budaya setempat. Sebab, pariwisata Bali itu pariwisata budaya," ujarnya di Denpasar Rabu, 17 Juli 2024.

Bisnis seperti harus tetap mematuhi norma, harus berpedoman dalam menjaga budaya, kepatutan di Bali. "Jangan sampai mencoreng pariwisata budaya kita dengan kegiatan yang nyeleneh, yang hanya mementingkan keuntungan semata," ujarnya.

Darmadi juga sangat terkejut dengan adanya informasi bahwa Spa Amnes juga mempekerjakan anak atau gadis di bawah umur. Ia akan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk mengecek bisnis spa yang disinyalir mempekerjakan anak di bawah umur tersebut.

"Informasi yang bagus ini kami akan tindaklanjuti, kami akan cek dan pastikan di lokasi, bagaimana perizinannya, bagaimana operasionalnya. Kami akan cek lapangan secara teliti dan kami pastikan akan proses bila ada pelanggaran," ujarnya.

Ia juga menilai jika iklan Spa Amnes sangat vulgar dan mengarah ke iklan prostitusi. Kabupaten Badung sebagai destinasi wisata memang didukung oleh bisnis spa. Ada puluhan Spa kepung Kabupaten Badung. Meski demikian, tak seluruh Spa di Badung berkontribusi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena terindikasi bodong alias tak berizin.

Selain itu disalahgunakan sebagai praktik esek-esek alias prostitusi terselubung, bahkan pekerjakan anak di bawah umur sebagai terapis demi memuaskan hasrat pria hidung belang.

Salah satunya adalah Amnes SPA Nusa Nusa Dua, Jalan Bypass Ngurah Rai Nusa Dua Nomor 78, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, yang merupakan cabang dari Amnesti Spa, Jalan Bypass Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, yang sempat kepergok memperkerjakan terapis di bawah umur.

"Amnes atau Amnesti Spa Nusa Dua ini sempet digerebek Aparat Penegak Hukum (APH), karena pekerjakan anak di bawah umur diduga asal Jawa Barat, kurang lebih dua atau tiga bulan lalu. Saat penggerebekan saya melihat langsung," ujar seorang warga di seputaran lokasi.

Masyarakat setempat menduga usaha praktik asusila ini menawarkan jasa Spa yang diduga melanggar hukum dan Perda. Diduga tidak ada kelengkapan izin usaha, namun nekat menawarkan jasa pijat esek-esek.

"Benar, anak (terapis) itu menipu kami (Amnes SPA). Katanya umur 21 tahun, setelah bermasalah baru dia mengaku usia 17 tahun. Tapi masalah ini sudah selesai," ungkap Audi pengelola Spa.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan enggan berspekulasi lebih jauh. Ia mengatakan pihaknya melalui Direktorat dan Satuan yang menangani asusila terus bekerja dan mengantisipasi hal tersebut.

"Nanti coba tanyakan terkait pengungkapan tersebut kepada anggota dan jajaran," tutupnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengatakan segera mengambil tindakan tegas. Sebab selain Amnes Nusa Dua dan Amnesti Kuta, masih ada lagi beberapa diantaranya, yakni Onasis, Ibiza, Zona, Office Spa, dan lain-lain. Ia berjanji dalam waktu dekat anggota dikerahkan melakukan pemantauan sekaligus pengecekan, baik Amnesti Nusa dua dan Amnesti Kuta, dan yang lainnya.

"Ya, anggota segera ke lapangan. Seingat saya Onasis SPA sudah tutup dan tidak buka lagi. Kalau dia beroperasi, maka akan ditindak," bebernya. (sumber: metrotvnews.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami