search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Saudi: Kuota Haji 2023 Akan Kembali Seperti Sebelum Pandemi
Selasa, 10 Januari 2023, 16:06 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Saudi: Kuota Haji 2023 Akan Kembali Seperti Sebelum Pandemi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Setelah pembatasan beberapa tahun terakhir, Arab Saudi mengumumkan bahwa kuota haji pada tahun ini akan kembali seperti sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia. Menteri Urusan Haji dan Umrah Saudi, Tawfiq AlRabiah mengumumkan langsung keputusan itu dalam pembukaan Hajj Expo pada Senin (9/1).

"Jumat jemaah haji pada 1444 hijriah akan kembali seperti sebelum pandemi corona, tanpa batasan umur," ujar AlRabiah, seperti dikutip di akun Twitter resmi Kementerian Urusan Haji dan Umrah Saudi.

Sebagaimana dilansir Reuters, di tahun terakhir sebelum pandemi, yaitu pada 2019, Saudi menerima kedatangan 2,6 juta jemaah haji. Namun, setelah pandemi melanda, Saudi hanya menerima jemaah haji dari dalam negerinya sendiri pada 2020.

Setahun kemudian, Saudi menerima jemaah haji asing, tapi dengan jumlah terbatas. Begitu pula pada 2022.

Tak hanya jumlahnya, usia jemaah haji juga diatur ketat. Pada 2022, Saudi hanya mengizinkan jemaah haji berusia 18-65 tahun yang sudah mengikuti vaksinasi lengkap.

Dengan keputusan terbaru ini, seluruh pembatasan jemaah haji yang diterapkan setelah pandemi Covid-19 bakal dicabut. Saudi pun siap menyambut jemaah menjelang musim haji 2023 yang diperkirakan dimulai pada 26 Juni mendatang.

Riyadh pun disebut-sebut bakal kembali menggenjot haji agar bisa mencapai target Pangeran Mohammed bin Salman (MbS).

Sebelum pandemi, MbS memasang target Saudi dapat menerima 30 juta jemaah haji per tahun. Ia berharap haji dapat menyumbang pendapatan hingga 50 miliar riyal atau setara Rp207,4 triliun pada 2030.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami