News

4 Anggota Militer Bolivia Ditangkap, Diduga Terlibat Upaya Kudeta

 Senin, 01 Juli 2024, 09:49 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/4 Anggota Militer Bolivia Ditangkap, Diduga Terlibat Upaya Kudeta

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Pemerintah Bolivia menangkap empat petinggi dan anggota militer yang diduga terlibat dalam upaya kudeta pimpinan Panglima Militer Bolivia Jenderal Juan Jose Zuniga terhadap Presiden Luis Arce.

Dikutip dari CNN, Minggu (30/6), Menteri Dalam Negeri Bolivia Eduardo del Castillo mengatakan empat orang yang ditangkap itu yakni Mantan Panglima Angkatan Udara Bolivia, satu orang Kapten Infanteri, dan dua Sersan yang diduga terlibat dalam upaya merangsek masuk ke istana Palacio Quemado.

Namun, Castillo tak mengungkap siapa saja keempat nama anggota militer yang ditangkap tersebut. Castillo menjelaskan kedua Sersan itu diduga memiliki peran yang berbeda dalam kudeta gagal tersebut.

Sersan pertama diduga menabrak kendaraan taktis ke gerbang istana, sementara Sersan yang lain membawa kendaraan taktis berisi pejabat militer saat kudeta.

Lebih lanjut, Castillo menjelaskan Kapten Infanteri yang ditangkap diduga berperan mengkoordinasikan pergerakan pasukan saat melakukan upaya kudeta yang gagal.

Hingga kini, Pemerintah Bolivia telah menangkap 21 orang yang diduga terlibat dalam upaya mendongkel Luis Arce dari kursi presiden.

Sebelumnya, upaya kudeta yang dipimpin Zuniga ini gagal meski sejumlah tank dan pasukan telah merangsek masuk ke Plaza Murillo. Lokasi tersebut adalah kawasan dengan Kantor Kepresidenan dan Gedung Kongres.

Namun, pasukan pemerintah segera bertindak. Mereka juga berhasil memukul mundur pasukan dan tank Zuniga.

Pasukan juga menangkap pemimpin kudeta yang gagal ini.

"Jenderal, Anda ditahan," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Jhonny Aguilera ke Zuniga.

Bolivia terjebak dalam ketidakstabilan politik selama bertahun-tahun. Partai penguasa Movement Towards Socialism (MAS), saat ini terbelah menjadi dua yakni kubu Arce dan kubu mantan presiden Evo Morales. (sumber: cnnindonesia.com)

Penulis : bbn/net

Editor : Juniar



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending