News

Asosiasi Buka Suara Soal Tudingan Mafia Haji Furoda

 Kamis, 07 Juli 2022, 21:12 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Asosiasi Buka Suara Soal Tudingan Mafia Haji Furoda

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Ketua Umum Syarikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi) Syam Resfiadi mengatakan pihak yang menuding ada mafia di balik visa haji furoda atau mujamalah belum paham mengenai seluk beluk visa khusus tersebut. Hal ini disampaikan Syam merespons tudingan anggota Komisi VIII DPR Achmad Fadil Muzakki Syah yang menduga ada mafia di balik temuan sekitar 4.000 calon jemaah haji furoda yang tidak bisa berangkat ke Tanah Suci.

"Ya, kalau enggak ngerti, orang bisa bilang mafia inilah, itulah," kata Syam.

Syam menjelaskan pada prinsipnya visa furoda dikeluarkan resmi atas hak prerogatif Raja Arab Saudi. Karena itu, jumlah visa itu pun tergantung kehendak keluarga Raja Saudi.

Visa furoda dari Raja Saudi itu, lanjut Syam, diberikan langsung dari pihak keluarga kerajaan kepada para vendor atau rekanan mereka di Saudi. Setelah itu, didistribusikan ke seluruh agen travel ke negara-negara dunia.

"Setelah itu baru dikirim ke biro travel-travel sampailah di Jakarta. Dan biro travel-travel di Jakarta yang dapat itu (visa furoda) akan dapat semacam user id untuk masuk ke sistem resmi milik pemerintah Saudi," kata Syam.

"Jadi enggak ada mafia. User ID dan sistem itu kan milik pemerintah Saudi. Kalau mafianya dari Saudi, apa iya keluarga kerajaan disebut mafia? Kan nggak, mungkin ketidakpahaman saja," tambahnya.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending