search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Biografi Inter Milan: Sejarah Awal Berdiri dan Fakta Menariknya
Sabtu, 28 Mei 2022, 09:00 WITA Follow
image

bbn/pixels/Biografi Inter Milan: Sejarah Awal Berdiri dan Fakta Menariknya.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Sejarah berdirinya Inter Milan terkait erat dengan Milan Cricket & Football Club (sekarang AC Milan) yang didirikan pada 16 Desember 1899 oleh tiga orang Inggris yakni Herbert Kilpin, Allison, dan Davies. 

Para pendiri dan anggota Milan Cricket & Football Club awalnya tak pernah menyangka jika klub olahraga nya itu bakal pecah. Masalahnya pun sepele. 

Sebagian anggota yang dipimpin oleh Giovanni Paramithiotti memprotes kebijakan klub dalam menentukan pembatasan anggota. Saat itu Milan tak mengizinkan pemain asing untuk memperkuat timnya. Mereka hanya mau menerima pemain yang berasal dari Italia dan Inggris saja.

Dari insiden itulah, mereka kemudian sepakat untuk membentuk tim tandingan. Tepat pada Senin, 9 Maret 1908, bertempat di restoran Dell’Orologio, berdirilah Internazionale Milano Football Club.

Meski cara yang digunakan adalah pembakangan, tujuan mereka positif, yaitu mau menerima siapapun yang ingin bergabung dengan tim yang mereka dirikan. Mereka sengaja memberi nama klub Milano dengan Internazionale. 

Artinya jelas, mereka terbuka untuk siapa saja, tanpa membedakan dari bangsa mana dan suku apa. Pada intinya, sejak awal berdiri, Internazionale telah berani mengesampingkan perbedaan rasial.

Begitu Internazionale mendeklarasikan sifatnya yang terbuka untuk umum, sejumlah pemain asing mulai berdatangan. Kebanyakan dari  mereka berasal dari Swiss. Bahkan, kapten pertama klub ini pun merupakan orang Swiss tulen, yaitu Ernst Markti.

Pada awal kemunculannya, Inter sudah mampu menunjukkan kualitas yang mereka miliki. Tim ini tak butuh waktu lama untuk memenangkan gelar scudetto pertama nya. 

Inter berhasil menjadi juara di tahun 1910 dan yang kedua mereka peroleh di tahun 1920. Selama waktu perang, klub ini dipaksa untuk mengganti nama menjadi Ambrosiana-Inter yang mana bertujuan untuk menyesuaikan diri dengan kepemimpinan Benito Mussolini.

Selama masa perang, Inter tetap tampil sebagai tim yang luar biasa. Mereka mampu menjuarai beberapa trofi Serie A. Hingga masa perang usai, Inter memenangkan trofi selanjutnya pada tahun 1953 dan yang ketujuh di tahun 1954. 
Setelah memenangkan beberapa trofi ini, Inter memasuki masa keemasan hingga dijuluki dengan La Grande Inter. Selama masa keemasan itu, Inter sukses memenangkan tiga trofi, yaitu pada tahun 1963, 1965, dan 1966.

Perlu diketahui, bahwa trofi Coppa Italia pertama Inter yang diraih pada musim 1938/39, tak luput dari jasa Giuseppe Meazza. Meazza menjadi top skor Inter Milan dengan 284 gol. 

Atas jasanya itu, nama Meazza dipakai sebagai sebutan stadion jika Inter sedang bertanding. Sebelum era Meazza, Inter selalu menggunakan nama Stadio Arena sebagai sebutan markas kebesarannya.

Menilik pada sejarah perkembangan nya, Inter Milan menjadi pesaing serius saudara sekotanya, AC Milan. Tak hanya AC Milan, Inter juga sering disebut sebagai rival abadi Juventus FC.

Dengan kekuatan yang stabil dan terus berkembang, Inter menjadi tim yang tidak pernah turun ke kasta kedua kompetisi Italia. Akan tetapi, Inter belum layak untuk menepuk dada. 

Hal itu dikarenakan trofi scudetto yang mereka miliki masih kalah dengan raihan Juventus yang menjadi penguasa Italia hingga saat ini.

Persaingan pun semakin menarik, Inter yang pernah ditangani Jose Mourinho sukses menjadi satu-satunya tim Italia yang mampu meraih treble winner dalam satu musim kompetisi. Saat itu, mereka berhasil menjuarai trofi Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions Eropa.

Dari awal sejarah berdirinya klub, Inter layak disebut sebagai salah satu tim Italia paling sukses. Sebuah tim yang awal pembentukannya didasari oleh pemberontakan, sukses membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Fakta Menarik Tentang Inter Milan

1. Inter Milan Pensiunkan Dua Nomor Punggung

Dalam sejarahnya, Inter Milan sudah memensiunkan nomor punggung 3 dan 4. Hal itu dilakukan untuk menghormati pemain yang memakai nomor tersebut.

Giacinto Facchetti memakai nomor 3 dan Javier Zanetti mengenakan nomor 4 selama bermain di Inter. Kedua nomor tersebut masing-masing dipensiunkan pada tahun 2004 dan 2014 atas jasa-jasa mereka untuk klub.

Facchetti adalah salah satu full-back terbaik yang pernah ada di klub dan telah mencetak 75 gol selama karirnya di Inter Milan. Zanetti menghabiskan sebagian besar karirnya di klub dan sekarang menjabat sebagai wakil presiden klub.

2. Pemain Inter Milan Adalah Yang Pertama Memenangkan Pemain Terbaik Dunia FIFA

Penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA diperkenalkan pada tahun 1991. Pada tahun pertama kemunculannya, penghargaan tersebut diberikan kepada pemain Inter Milan, Lothar Matthaus.

Matthaus merupakan salah satu legenda klub saat ini. Ia mengenakan nomor 10 di Inter dan mencetak 40 gol selama tahun menerima penghargaan tersebut.

3. Asal Usul Nama Klub

Tahukah Anda bahwa nama Inter Milan, atau Internazionale, menjadi alasan berdirinya klub ini? Inter didirikan pada tahun 1908 oleh para pemain yang meninggalkan AC Milan.

Saat itu Rossoneri tidak mengizinkan pemain non-Italia bermain untuk klub tersebut. Dengan demikian, beberapa pemain pergi dan memutuskan untuk membentuk klub sepak bola baru yang bisa beroperasi tanpa aturan tersebut.

4. Nama Panggilan untuk Fans Inter Milan Adalah Bauscia

Bertahun-tahun yang lalu, fans Inter Milan harus menerima julukan 'Bauscia' yang berasal dari kata Italia braggart. Ini artinya borjuis.

Ini karena klub dipandang sebagai favorit kaum borjuis, terutama jika dibandingkan dengan rival sekota mereka, AC Milan, yang lebih populer di kalangan pekerja kerah biru.

5. Musim Legendaris 1965

Dipimpin oleh pelatih legendaris Helenio Herrera, Inter Milan menunjukkan kepada rival sekotanya bahwa mereka juga bisa memenangkan Piala Eropa.

Pada tahun 1964, AC Milan berhasil memenangkan piala tersebut, tetapi tahun berikutnya Inter Milan memenangkan semua yang tersedia bagi mereka hanya dalam satu musim, memenangkan Scudetto, Piala Eropa, dan Piala Interkontinental.

6. Rekor Transfer Pemain Termahal

Rekor pembelian termahal Inter Milan dipegang oleh striker Italia Christian Vieri pada tahun 1999. Harganya sekitar 45 juta euro, yang pada saat itu merupakan angka yang cukup mengesankan dalam sepak bola.

Rekor itu bertahan hingga musim panas 2019 lalu, ketika Inter merekrut Nicolo Barella dan kemudian Romelu Lukaku.

7. Musim Treble 2010

Pada tahun 2010, Inter Milan mencatatkan sejarah ketika menjadi tim Italia pertama yang memenangkan treble winners.

Le Beneamata memulainya dengan menjuarai Serie A, kemudian mengangkat Coppa Italia, dan diakhiri dengan Liga Champions.

8. Pemain Dengan Penampilan Paling Banyak di Piala UEFA

Mantan kapten Inter Milan, Giuseppe Bergomi, atau Lo Zio begitu ia dipanggil, mencatatkan (96) penampilan di Piala UEFA, itu lebih banyak dari pemain lainnya pada saat ia pensiun.

Itu tadi informasi mengenai sejarah dan fakta terbaiknya Inter Milan. Agar tidak ketinggalan mengenai berita terupdate mengenai berita Inter Milan lainnya, jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs berita sepak bola terbaik PeluitPanjang.id

PeluitPanjang.id adalah portal berita olahraga khususnya sepak bola terupdate saat ini. Dibentuk pada 7 Februari 2020 di Jakarta oleh sekumpulan anak muda yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi pelopor berita olahraga dengan informasi terdepan dan terakurat.

Konten yang disajikan PeluitPanjang.id dimulai dengan sekumpulan berita mengenai sepak bola dalam dan luar lapangan, kemudian berkembang dengan memberikan pemberitaan lebih menyeluruh dengan memberikan analisis mengenai sebuah pertandingan yang akan berjalan dengan lengkap.

Selain berita dari Inter Milan ada juga berita terupdate dari klub beberapa liga top dunia seperti Premier League Inggris, BundesLiga Jerman, La Liga Spanyol, liga seri A Italia dan Ligue 1 Perancis. Fokus PeluitPanjang.id adalah sebagai media berita yang perlahan berkembang untuk memberikan pemberitaan terlengkap cabang sepak bola top di dunia.

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami