Informasi

DPRD Tabanan Minta Pengawasan Akomodasi Wisata Diperketat

 Jumat, 05 Juli 2024, 10:35 WITA

beritabali/ist/DPRD Tabanan Minta Pengawasan Akomodasi Wisata Diperketat.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Adanya kasus penangkapan ratusan warga negara asing di Desa Kukuh, Kecamatan Marga yang diduga terkait kasus kejahatan siber membuat semua pihak di Tabanan terkejut. 

Ketua Komisi I DPRD Tabanan I Putu Eka Putra Nurcahyadi meminta pengawasan terhadap warga negara asing (WNA) di Tabanan agar diperketat. 

Eka Putra Nurcahyadi mengatakan, pengawasan orang asing memang harus dipertegas. Sebab mereka ke Bali tampak berwisata namun kenyataannya mencari pekerjaan. "Jadi pondok-pondok wisata yang dimanfaatkan harus diawasi supaya tidak dikamuflase," ujarnya, Kamis (4/7). 

Disebutkan, untuk pengawasan ketat ini wajib dilakukan dengan saling bersinergi. Tak hanya mengandalkan polisi, melainkan juga pihak pemerintah desa, daerah, dan adat harus saling koordinasi dalam pengawasan. 

"Urusan penindakan biarkan ke penegak hukum. Terpenting adalah tindakannya preventif," ujarnya. 

Tabanan sudah masuk sebagai kawasan wisata terutama Tabanan bagian selatan. "Jangan sampai lagi terulang kasus pondok wisata yang dijadikan tempat melakukan penipuan," ujar politisi PDI Perjuangan asal Marga ini. 

Sementara itu, pascapenggerebekan WNA yang tersangkut kasus sindikat internasional skiming dan penipuan online, Bupati Tabanan I Komang Sanjaya menginstruksikan dinas terkait untuk memperkuat kewaspadaan dini. Pengawasan terhadap orang asing, tenaga kerja asing, dan lembaga asing di Tabanan, juga agar lebih ditingkatkan. Hal in ditindaklanjuti Badan Kesbangpol Kabupaten Tabanan dengan menggelar rapat koordinasi antara Tim Kewaspadaan Dini Daerah dan Tim Pengawasan Orang Asing, Tenaga Kerja Asing, dan Lembaga Asing, belum lama ini. 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending