search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Penjelasan BMKG Soal Curah Hujan Tak Menentu di Bali
Minggu, 30 April 2023, 13:33 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Penjelasan BMKG Soal Curah Hujan Tak Menentu di Bali.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Prakirawan Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG) Wilayah III, Putu Agus Dedy Permana, Sabtu,(29/4/2023) di Kuta, Badung menjelaskan cuaca di Bali terjadi curah hujan yang tidak menentu dalam beberapa hari terakhir.

Ia mengatakan beberapa faktor penyebab terjadinya hujan mulai dari terjadinya labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif skala lokal yang terdapat di wilayah Bali.

Dikatakan suhu muka laut di sekitar wilayah Bali umumnya berkisar antara 28 - 30°C., Faktor suhu muka laut yang hangat dapat meningkatkan potensi penguapan (penambahan massa uap air) di wilayah Bali serta faktor massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 200 mb (12.000 meter). 

"Kondisi ini masih tergolong normal," jelasnya.

Dirinya memperkirakan, Kondisi hujan kemungkinan akan terjadi hingga 3 hari ke depan.

Permana menghimbau, agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat atau petir.

"Masyarakat umum, Nelayan dan Pelaku Kegiatan Wisata Bahari mewaspadai potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan selatan Bali.Agar selalu memperhatikan Informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem," imbaunya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami