News

Ramai Para Debutan di Bursa Pilgub Jawa Tengah

 Minggu, 26 Mei 2024, 11:59 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Ramai Para Debutan di Bursa Pilgub Jawa Tengah

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Sejumlah nama yang akan bersaing menjadi calon gubernur (cagub) atau calon wakil gubernur (cawagub) di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024 mulai bermunculan.

Mayoritas adalah nama-nama terkenal yang belum pernah berkontestasi di Pilgub Jawa Tengah.

Hasil Survei Lembaga ARCHI Research and Strategy Maret 2024 lalu menyatakan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon gubernur Jateng sebesar 23,21 persen.

Menyusul di bawah Hendrar Ketua DPW PKB Jawa Tengah Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf (16,07 persen), mantan Bupati Kendal Dico Ganinduto (13,39 persen), dan Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah yang juga mantan asisten pribadi Prabowo Subianto, Sudaryono (10,71 persen).

Di bawah Sudaryono, ada nama mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (7,14 persen), Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (6,25 persen), dan eks Menteri ESDM Sudirman Said (5,36 persen).

PDIP belum memberikan keterangan resmi soal sosok yang bakal dimajukan dalam Pilgub Jateng. Tetapi nama Hendi, sapaan akrab Hendrar, telah sering dikaitkan masuk bursa bakal cagub Jateng,

Hendi saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sebelumnya, dia adalah Wali Kota Semarang dua periode.

Namun dalam beberapa kesempatan, Hendi enggan berkomentar dan malah menampik bakal maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah.

"Enggak lah, enggak ada, enggak ada," jawab Hendi singkat beberapa waktu lalu.

Kemudian ada sosok Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf mewakili PKB. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid sudah membenarkan kemungkinan partai memajukan Gus Yusuf.

Ia menyebut kini mereka tengah melengkapi persyaratan mulai dari mencari cawagub hingga partai koalisi.

"Iya, Gus Yusuf Chudlori kita dorong untuk maju menjadi Calon Gubernur Jawa Tengah, tinggal cari siapa wakilnya, partai koalisinya, cara memenangkannya, masih banyak tahapannya," kata Jazilul di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (2/5).

Sementara itu, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto telah menyebut nama Dico Ganinduto menjadi salah satu nama yang dipertimbangkan untuk diusung di Pilkada Jateng diantara nama lain yang masih digodok.

"Salah satunya (Dico). Salah duanya nanti kita lihat," kata Airlangga di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Senin (15/4).

Dico juga disebut-sebut akan berpasangan dengan Raffi Ahmad untuk Pilgub Jawa Tengah 2024. Dico tak membantah kabar itu setelah viral.

"Mohon doanya aja ya," ujar Dico melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Rabu (8/5).

Di tengah ramai spekulasi pencalonannya, Hendi bersama Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi tampak akrab pada Selasa (21/5) kemarin saat mengikuti acara Apel Komandan Satuan Kodam IV/Diponegoro yang digelar di Markas Rindam IV Diponegoro, Magelang, Jawa Tengah.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending