search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tanda Awal Gagal Ginjal Akut Yang Perlu Diketahui
Kamis, 2 Maret 2023, 15:34 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Tanda Awal Gagal Ginjal Akut Yang Perlu Diketahui

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Belakangan penyakit gagal ginjal akut sedang menjadi perhatian. Ini tak lepas dari kemunculan kasus-kasus pada anak-anak maupun dewasa.

Menurut laporan American Journal of Kidney Diseases pada 2015, jumlah orang dewasa usia 30 ke atas yang memiliki penyakit ginjal kronis diproyeksikan meningkat dari 13,2 persen pada 2015 menjadi 16,7 persen pada tahun 2030.

Selama tahap awal, sekitar 9 dari 10 orang tidak menyadari mereka menderita penyakit ginjal kronis. Padahal, jika penyakit ginjal terdeteksi dini dan diobati dengan benar, masalah serius dapat dihindari. Namun, setelah gagal ginjal terlanjur parah, pasien mungkin harus melakukan transplantasi ginjal.

Gagal ginjal sendiri terjadi ketika ginjal tidak mampu menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Jika tidak segera dideteksi dan ditangani, kondisi tersebut memicu komplikasi yang serius.

Banyak faktor yang bisa memengaruhi kesehatan dan fungsi ginjal. Di antaranya paparan terhadap racun atau polutan dari lingkungan, penyakit akut dan kronis tertentu, dan dehidrasi tingkat tinggi.

Sementara itu, merokok, obesitas, dan sering menggunakan obat antiinflamasi yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau naproxen, memperburuk fungsi ginjal dari waktu ke waktu.

Kondisi gagal ginjal ini berkembang dengan cepat, biasanya kurang dari beberapa hari saja. Penyakit itu biasanya terjadi pada orang-orang yang sudah dirawat di rumah sakit, terutama yang sangat kritis dan membutuhkan perawatan intensif.

Gejala awal

Dalam beberapa kasus, gejala gagal ginjal akut tidak mudah terdeteksi dan memerlukan tes laboratorium untuk memeriksanya. Untuk itu, penting mengenali tanda awal dari gagal ginjal penting untuk dilakukan.

Tanda awal dari gagal ginjal:

* Pembengkakan di tangan, kaki dan wajah (edema)
* Perdarahan internal
* Sensasi bingung
* Kejang-kejang
* Koma
* Hasil tes darah dan urine yang tidak normal
* Tekanan darah tinggi
* Penurunan jumlah urine yang keluar, meskipun dalam beberapa kasus masih ada yang normal
* Letih
* Mual-mual
* Nyeri atau terasa tekanan di dada

(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami