search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Usai Cina, Rusia Ikut Kritik Australia Beli Kapal Selam Nuklir AS
Rabu, 15 Maret 2023, 07:54 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Usai Cina, Rusia Ikut Kritik Australia Beli Kapal Selam Nuklir AS

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Setelah Cina, Rusia ikut buka suara soal kesepakatan baru antara Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (AUKUS) usai Canberra berencana membeli lima kapal selam nuklir dari Washington.

Juru bicara Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, mengatakan rencana tersebut menimbulkan pertanyaan soal perjanjian non-proliferasi nuklir yang selama ini diusung AS dan sekutu.

"Ada banyak pertanyaan di sini terkait dengan masalah non-proliferasi. Kami membutuhkan transparansi khusus, dan kami perlu menjawab pertanyaan yang muncul," ujar Peskov pada Selasa (14/3) seperti dikutip Reuters.

Namun, Peskov tak menguraikan lebih lanjut keprihatinan Rusia soal kapal selam bertenaga nuklir itu.

Selain Rusia, Cina juga mengkritik kesepakatan baru AUKUS. Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Wang Wenbin, ketiga negara itu menapaki jalan yang salah dan berbahaya.

"Pernyataan bersama dan terbaru dari AS, Inggris, dan Australia, menunjukkan bahwa ketiga negara, demi kepentingan geopolitik mereka sendiri, sepenuhnya mengabaikan keprihatinan komunitas internasional dan berjalan semakin jauh di jalur yang salah dan berbahaya," ujar Wang pada Selasa (14/3), seperti dikutip Reuters.

Ia juga menuduh AUKUS sengaja memicu eskalasi geopolitik di Indo-pasifik dan ingin menghasut perlombaan senjata di kawasan itu. Pernyataan Rusia dan Cina muncul usai Australia berencana membeli lima kapal selam nuklir dari AS.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengumumkan langsung pembelian tersebut saat bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Presiden AS Joe Biden di San Diego, California.

"Ini merupakan investasi tunggal terbesar dalam kapabilitas pertahanan Australia dalam sejarah kami," kata Albanese, seperti dikutip AFP.

Albanese juga menyampaikan ketiga negara sepakat membangun kapal bertenaga nuklir model baru dengan teknologi dari AS dan Inggris.

Dengan kesepakatan itu, Australia menjadi negara kedua, setelah Inggris, yang mendapat akses langsung ke rahasia nuklir Angkatan Laut AS.

Terpisah, penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, mengatakan Australia akan membeli tiga kapal selam bertenaga nuklir dalam periode hingga 2030.

Namun, menurut dia tak menutup kemungkinan Australia bisa membeli lima unit kapal selam.

Sejak awal terbentuk, AUKUS menjadi perbincangan karena membawa unsur kapal selam nuklir. Presiden Rusia Vladimir Putin sampai-sampai kesepakatan itu memicu ketegangan regional.

Para pengamat juga menganggap AS membentuk AUKUS untuk mengimbangi kekuatan Cina di kawasan Indo-Pasifik.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami