search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tarif Paket Wisata di Bali Naik 10%
Sabtu, 24 Mei 2008, 13:50 WITA Follow
image

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Kenaikan harga BBM 28,7% berimbas pada tarif di sektor jasa, termasuk paket wisata di Bali. Hanya saja, besaran kenaikannya tidak persis sama dengan kenaikan harga BBM. “Ya, kalau harga pasti naik, karena tidak mungkin bisa bertahan dengan harga lama. Tapi kenaikannya tidak terlalu tinggi, ya kira-kira berkisar 10%,” ujar Wakil Ketua Asita Bali, Ketut Ardana saat diminta komentarnya sehubungan kenaikan BBM, Sabtu (24/5).

Alasan tidak menaikkan terlalu tinggi, kata Ardana, karena khawatir melemahkan daya saing dengan biro-biro perjalanan ataupun paket wisata di luar negeri, seperti di Malaysia, Singapura, Thailand dan lainnya. Dengan mengambil kenaikan 10%, Ardana yakin tidak akan terlalu memberatkan wisatawan.

Namun menurut Ardana, untuk kontrak-kontrak yang masih berjalan, tetap masih menerapkan harga lama, kecuali ada poin-poin tertentu yang memungkinkan untuk dilakukan langsung perubahan tarif. Untuk di kawasan negara-negara Eropa, rata-rata kontraknya berlaku untuk setahun, sedangkan di kalangan Asia umumnya masa kontrak antara 3 bulan sampai 6 bulan. “Market perusahaan saya kebetulan pasar ASEAN, dan kebetulan masa kontraknya Juni ini habis. Jadi bulan berikutnya sudah bisa jual dengan tarif baru,” ujar Ardana. 

Reporter: bbn/sin



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami