search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hasil Petani Lokal Unjuk Taring
Kamis, 23 Oktober 2008, 15:37 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Produk hasil petani Bali diangkat dalam suatu ajang festival kuliner, sebagai bahan olahan makanan dalam "Bali Food Festival" yang berlangsung tanggal 25-26 Oktober dalam rangkaian kegiatan Kuta Karnival (KK) ke-6.

 


Ketua Panitia Bali Food Festival, Bagus Ngurah, di Papa's Kamis (23/10) saat jumpa pers Bali Food Festival KK menyatakan, panitia berusaha mengangkat potensi pertanian lokal dalam industri pariwisata.


Sektor pariwisata di di Bali tidak bisa lepas dari sektor pertanian yang menjadi dasar kehidupan masyarakat pedesaan di Bali. "Pariwisata tidak lepas dari ketersediaan makanan, makanan dihasilkan dari para petani," katanya.


Melalui festival ini diharapkan pertanian lokal yang selama ini disisihkan dari industri pariwisata secara perlahan bisa menikmati tumbuhnya sektor pariwisata. Sejumlah produksi pertanian lokal akan dijadikan bahan dasar masakan yang dipamerkan dalam ajang Bali Food Festival.


Dikatakan jumlah peserta festival ini sekitar 50 peserta berasal dari hotel, restoran, industry kerajinan dan industri lainnya.

 


"Kita berharap akan tercipta sustainable tourism (pariwisata berkelanjutan-red) di Bali," tandasnya.


Ketua Asosiasi Pasar Tani Bali, Made Sutikna menyatakan sangat senang diangkatnya produk pertanian diangkat dalam even KK. Dikatakan, dengan menggunakan bahan-bahan dari produk hasil petani lokal akan memberikan suatu citra positif kepada wisatawan yang menikmati hidangan pada kegiatan tahunan itu.


"Kegiatan ini agar terus dipromosikan, terlebih festival kuliner ini diikuti oleh ahli juru masak yang telah berpengalaman internasional," katanya.

 


Ia mengatakan, sangat terkesan dapat berpartisipasi dalam kegiatan itu. Sebelumnya memang sering mengikuti kegiatan semacam ini namun belum sepenuhnya dapat mengangkat produk lokal secara lengkap dari petani sendiri.


"Kami berharap para ahli kuliner atau juru masak hotel-hotel berbintang di Bali yang turut serta dalam ajang ini dapat juga melihat dari dekat hasil tani maupun kebun produksi lokal, sehingga hasil tani lokal itu dapat menembus pasar hotel berbintang di Bali," ucapnya.

 

Reporter: bbn/sin



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami