search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Parpol Agar Libatkan Penyandang Cacat dalam Keanggotaan
Sabtu, 10 November 2012, 18:39 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) mendesak partai politik (parpol) untuk mulai melibatkan penyandang disabilitas (cacat) dalam keanggotaan partai. Sebab penyandang disabilitas memiliki hak dan kedudukan yang sama dalam bidang politik, baik hak memilih dan dipilih dalam pemilihan umum.

Presiden PPCI Gufroni Sakaril dalam keteranganya di sela-sela dialog regional tentang akses penyandang disabilitas dalam pemilu di Nusa Dua (10/11/2012) menyatakan, keterlibatan penyandang disabilitas dalam keanggotaan partai sangat penting artinya bagi pengembangan demokrasi di Indonesia.

Apalagi jika ada yang terpilih sebagai anggota legislatif. Ini akan membuka kesadaraan masyarakat mengenai keberadaan penyandang disabilitas. “ Ini akan memicu kesadaran publik, selama ini kita lihat semua anggota DPR kita belum ada dari penyandang cacat, bayangkan kalau ada beberapa teman masuk di DPR, kemudian dia bisa menyuarakan hak-haknya,” katanya. Gufroni Sakaril menegaskan, pelibatan penyandang disabilitas dalam parpol tidak sebatas suatu keharusan secara demokrasi, tetapi juga merupakan bagian dari hak azasi yang dimiliki penyandang disabilitas.

 

Gufroni menambahkan peran penyandang disabilitas dalam bidang politik dan pemilu di Indonesia selama ini hanya sebatas menjadi pemilih. 

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami