search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Akik Pulaki Diburu Karena Miliki Nilai Spiritual Tinggi
Jumat, 13 Maret 2015, 00:00 WITA Follow
image

beritabalicom/file

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Bali memiliki batu akik asli yang disebut batu akik Pulaki. Batu akik ini dicari penggemar batu akik karena punya nilai spiritual yang tinggi. 

"Batu akik Pulaki, identik dengan unsur logam pasir emas. Batu akik Pulaki ini merupakan batu khas yang ada di Bali. Kelebihannya dia memiliki unsur spiritual yang tinggi, diyakini sebagai pelindung, ada unsur logam sebagai sarana pengaman. Oleh karena itu, batu ini sering digunakan sebagai sarana upacara keagamaan dan adat di Bali,"jelas penghobi pengrajin batu permata khas Bali, Gusti Komang Rai Dwaja, kepada beritabali.com, di Denpasar (9/2/2015). Harga batu akik Pulaki saat ini, jelas Gusti, relatif mahal. Ini karena persediaannya semakin langka akibat larangan penambangan batu Pulaki secara masif di wilayah Pulaki Buleleng dan sekitarnya.

"Harganya Rp 10 juta an ke atas untuk kualitas bagus. Ada juga yang mencapai Rp 25 juta atau lebih, tergantung kualitasnya. Kalau yang kualitas maut, harganya sudah tidak masuk akal," ujar pria yang juga konsultan batu permata Bali ini. Penggemar batu permata Bali, I Wayan Astawa Saputra menambahkan, sebagai batu akik khas Bali, batu akik Pulaki memang perlu mendapat perhatian.

"Jika Maluku punya batu Bacan, Bali punya Batu akik Pulaki. Pertambangan batu Pulaki memang membawa berkah tersendiri bagi warga di sekitar sana. Namun belakangan itu sudah dilarang karena berdampak pada kerusakan lingkungan," ujarnya.

Ketua Semeton Penggemar Tosan Aji, Wayang, dan Batu Permata (Semar Sanjiwata) Bali, Dewa Kosala mengatakan, Batu Pulaki merupakan batu akik asli Bali yang bersumber di Pulaki Buleleng, Bali Utara. Untuk mempopulerkan batu akik Pulaki, anggota Semar Sanjiwata Bali kini mengedepankan batu akik Pulaki dalam koleksi mereka.

 

"Batu akik Pulaki umumnya punya aura berbeda, serat-seratnya bergambar khas. Akik Pulaki banyak dikoleksi, banyak diburu penggemar batu akik asli Bali. Selain khas Bali, juga karena kandungan spiritual yang dimiliknya,"ujarnya.

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami