search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Aplikasi Kependudukan Desa Duda Timur Raih Tiga Rekor Muri
Kamis, 17 Mei 2018, 07:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com.Karangasem, Desa Duda Timur, Selat, Karangasem mendapat tiga Rekor Muri sekaligus dari Museum Rekor Dunia Indonesia karena menjadi Desa pertama yang menggunakan aplikasi kependudukan dan aplikasi kependudukan secara online tanpa jaringan internet, Rabu (16/05).
 
[pilihan-redaksi]
Hal ini berkat inovasi dan kerja keras dibawah kepemimpinan I Gede Pawana, melalui terobosan teknologi Smart Desa. 
Acara penyerahan Rekor Muri ini berlangsung di villa Putung, Desa Duda Timut, Selat Karangasem ini dihadiri oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri bersama Wabup Artha Dipa beserta jajaran OPD Pemkab Karangasem. Selain itu hadir juga anggota DPR RI Putu Supadma Rudana, DPRD Provinsi Bali Dapil Karangasem Ni Kadek Darmini, DPRD Kabupaten Karangasem I Wayan Suastika dan I Wayan Suparta.
 
Rekor muri tersebut diserahkan secara langsung oleh Senior Manager Muri, Jusuf Ngadri kepada Kepala Desa Duda Timur I Gede Pawana. Menurut Pawana, awalnya dalam rencana Desa Duda Timur hanya meraih dua Rekor muri saja yakni sebagai Desa pertama yang menggunakan aplikasi kependudukan dan Aplikasi kependudukan pertama secara online tanpa jaringan internet. Namun secara tidak disangka, pihak Muri ternyata punya kejutan dengan memberikan satu lagi Rekor Muri terhadap Kepala Desa Duda Timur sebagai penggagas pertama penerapan aplikasi kependudukan.
 
"Ini sebuah tantangan dari Kementrian, dimana selama ini dikatakan belum ada Desa yang memanfaatkan Aplikasi Online untuk Keperluan Kependudukan, kami desa duda timur membranikan diri untuk melangkah dan mengambil kesempatan ini walau kami belum memiliki anggaran dana untuk membeli aplikasi yang dimaksud, dengan mejalin koordinasi dan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan Perbankan pada akhirnya Samart Desa ini bisa terealisasi, harapan saya kedepan semoga desa desa yang lain juga bisa menerapkan hal yang serupa," ujarnya.
 
Sementara itu, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam kesempatan tersebut mengatakan, terobosan ini adalah solusi bagi semua wilayah pedesaan di Indoensia. Tak terkecuali Desa yang ada di Kabupaten Karangasem, Kemajuan teknologi di jaman sekarang ini sangat penting bagi pembangunan Desa Seperti yang telah diamanatkan oleh Undang-undang tentang Desa. 
 
Diakui bahwa diperlukan program terencana dan pelibatan lintas sektor berbagai kerja sama dalam bingkai bersama masyarakat untuk mewujudkan Smart Desa ini. Smart Desa sesuai dengan namanya ditopang oleh seluruh komponen yang juga smart, mulai dari Smart Institusi, Smart Infrastruktur, Smart Pelayanan Langsung, Smart Teknologi dan Inovasi. 
 
[pilihan-redaksi]
Menurutnya, untuk membangun Smart Desa atau Desa Cerdas tidak semata-mata terbatas pada kecanggihan ICT (Information, Communication dan Technology) saja, tetapi lebih utama dan perlu ditekankan adalah bagaimana konsep konsep Smart Desa ini bisa mengubah kapasitas masyarakatnya dan tata cara mereka berinteraksi. 
 
Smart Desa adalah salah satu jawaban dari kemajuan teknologi dan informasi yang memiliki tujuan memberikan keterbukaan informasi bagi masyarakat. Hal ini diharapkan mampu mendorong kemajuan Desa dalam pelaksanaan UU Desa, dimana Smart Desa ini merupakan implementasi dari salah satu dari 4 (empat) program prioritas yaitu Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades). 
 
"Saya harapkan nantinya ke depan agar desa menjadi ujung tombak pelayanan. Desa dan Kepala Desa jangan hanya dijadikan sorotan terkait besarnya dana desa dari pusat," ujarnya.
 
Bupati Sumatri berharap agar Smart Desa bisa memberi instrumen bagi pemerintah desa untuk berinovasi melayani warga, sekaligus dari sisi akuntabilitas dan keterbukaan informasi. Serta menjadi pendorong bagi Perbekel se Kabupaten Karangasem untuk lebih berinovasi demi memajukan desanya masing masing. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami