search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemilihan Ketua Osis SMA 2 Amlapura Layaknya Pemilu
Rabu, 3 November 2021, 22:50 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pemilihan Ketua Osis SMA 2 Amlapura Layaknya Pemilu.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

SMA Negeri 2 Amlapura menyelenggarakan pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu pada umumnya pada Rabu, (03/11/2021). 

Bahkan sebelum hari pemilihan tiba, panitia juga melaksanakan tahapan debat terbuka sebagai ajang pemaparan visi dan misi masing - masing calon ketua osis. 

Ketua Panitia Pemilihan Ketua Osis SMA N 2 Amlapura, Ida Ayu Made Santi Kumara Ray yang juga akrab disapa Gek Tia ini menuturkan, bahwa untuk persiapan pemilihan Ketua Osis terbilang cukup singkat yaitu hanya sekitar seminggu saja. 

"Jadi pada Senin, 25 oktober 2021 lalu kami pengurus MPK datang ke kantor KPU Karangasem untuk berdiskusi mengenai kegiatan debat dan pemilihan Ketua Osis, setelah itu di tanggal 1 November 2021 kita laksanakan debat calon ketua lanjut tanggal 2 November 2021 ada sosialisasi dari KPU serta bimbingan teknis, kemudian hari ini Rabu, 3 November 2021 dilaksanakan pemilihan ketua osis," ujarnya.

Dalam pemilihan ketua osis yang juga didampingi langsung oleh KPU Kabupaten Karangasem tersebut, ada 3 orang kandidat yang bersaing untuk menduduki jabatan sebagai ketua osis periode tahun 2022. 

Panitia pemilihan menyiapkan sebanyak 4 TPS dengan jumlah daftar pemilih sebanyak 1.098 orang yang terdiri dari siswa, para Guru serta tenaga kependidikan di lingkungan SMA N 2 Amlapura. 

Proses pemilihan dimulai pagi ini sekitar pukul 08.00 wita sampai dengan 13.30 WITA. Untuk tahapan pemungutan suara hampir sama dengan pemilu pada umumnya, mulai dari pendaftaran, pencoblosan hingga mencelupkan jari kedalam tinta sebagai tanda telah menyalurkan hak suara.

Setelah pemungutan suara selesai, kemudian dilaksanakan perhitungan suara di tiap KPPS dari pukul 14.00 WITA sampai pukul 16.00 WITA. dan setelah itu langsung dilakukan rekapitulasi hasil perhitungan suara keseluruhan sampai pukul 16.30 WITA. 

Dari 3 calon tersebut, I Kadek Rici Wirda Prayoga dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilihan Ketua OSIS tersebut menggungguli dua pesaingnya dengan mengantongi sebanyak 665 suara. 

Sementara itu, jalannya pemilihan ketua osis tersebut dipantau langsung oleh anggota KPU Provinsi Bali, Anak Agung Gede Raka Nakula didampingi Putu Deasy Natalia dari KPU Kabupaten Karangasem. 

Dalam kesempatan tersebut, Raka Nakula berharap fasilitasi Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Karangasem dapat diterapkan di sekolah - sekolah lain, tidak hanya di wilayah Kabupaten Karangasem tetapi juga di seluruh Bali lebih-lebih secara nasional.

"Fasilitasi ini sebagai wujud nyata pendidikan pemilih oleh KPU sehingga harapannya ini bisa terus diselenggarakan kedepan di sekolah-sekolah lainnya," ujar Nakula. 

Ia juga menekankan bahwa proses demokrasi bukan semata-mata siapa yang menang dan kalah tetapi adalah bagaimana proses pendidikan pemilih di dalamnya dimana dengan menyelenggarakan Pemilihan Ketua OSIS selayaknya proses Pemilu dan Pemilihan pada umumnya diharapkan dapat memberikan gambaran kepada siswa - siswi SMA N 2 Amlapura tentang bagaimana proses berdemokrasi yang baik dan benar.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami