search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Masalah Kesehatan Ini Bisa Jadi Tanda Kanker Pada Pria
Rabu, 11 Mei 2022, 13:45 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Masalah Kesehatan Ini Bisa Jadi Tanda Kanker Pada Pria

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kanker merupakan penyakit kronis yang dapat terjadi pada siapa saja. Risiko kanker akan meningkat tergantung pada usia, gen, dan kebiasaan gaya hidup seseorang. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia.

Kanker payudara, kolorektal, paru-paru, serviks, dan tiroid umum terjadi pada wanita. Sedangkan, kanker paru-paru, prostat, kolorektal, lambung, dan hati adalah jenis kanker yang paling umum terjadi pada pria.

Seringkali gejala kanker menyerupai tanda penyakit lain yang tidak mengancam, sehingga seringkali terlambat didiagnosis.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa gejala kanker yang cenderung diabaikan oleh pria.

1. Perubahan testis

Perubahan pada testis, baik ukuran, warna atau tekstur harus diwaspadai semua pria. Jika Anda menemukan satu atau kedua testis telah tumbuh dalam ukura berbeda atau merasakan benjolan, Anda tidak boleh mengabaikannya dan mencari bantuan medis.

2. Perubahan kulit

Kanker kulit dapat mempengaruhi pria dan wanita secara berbeda. Meskipun, mungkin tampak lebih umum pada wanita.

Menurut American Academy of Dermatology Association, pria lebih mungkin meninggal karena melanoma daripada wanita. Karena itu, perhatikan setiap perubahan pada kulit.

Jika Anda melihat pendarahan yang tidak biasa, penskalaan atau luka atau menemukan munculnya kutil, tahi lalat dan bintik-bintik secara tiba-tiba, kunjungi dokter Anda untuk pemeriksaan.

3. Kesulitan buang air kecil

Kesulitan buang air kecil mungkin menandakan beberapa masalah kesehatan ringan. Tapi, buang air kecil disertai darah dalam urine, asa sakit dan ketidaknyamanan serta disfungsi ereksi, itu bisa jadi tanda kanker prostat.

4. Batuk kronis

Batuk kronis dan terus-menerus bisa menandakan banyak masalah kesehatan. Jika batuk berlangsung selama 3 minggu atau lebih tanpa gejala pilek atau alergi lainnya, itu bisa mengindikasikan kanker paru-paru.

Jika Anda memiliki gejala tambahan seperti mengi, sesak napas, suara serak atau batuk darah, segera hubungi dokter Anda.

5. Sariawan

Sariawan adalah luka yang mulut yang biasanya sembuh dengan sendirinya. Namun, jika Anda mengalami luka atau lecet di dalam mulut yang tidak kunjung sembuh, menyebabkan rasa sakit yang konstan, dan pembengkakan, itu bisa jadi tanda kanker mulut.

Mereka yang mengunyah tembakau, merokok harus lebih waspada dengan tanda-tanda ini dan harus menghubungi dokter.(sumber: suara.com)
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami