search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Data Kartu SIM Bocor, Ini Cara Cek Keamanan Ponsel
Jumat, 2 September 2022, 14:21 WITA Follow
image

bbn/Tempo.co/Data Kartu SIM Bocor, Ini Cara Cek Keamanan Ponsel

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Insiden kebocoran data kembali menimpa masyarakat Indonesia. Kali ini kebocoran data melibatkan 1,3 miliar nomor HP yang dijual hacker di forum gelap.

Jika masyarakat ingin melihat apakah nomornya ikut bocor atau tidak, mereka bisa mengeceknya di situs periksadata. Situs ini mirip seperti pengecekan data haveibeenpwned.com.

Situs ini direkomendasikan oleh Teguh Aprianto, pakar keamanan siber sekaligus Founder of Ethical Hacker Indonesia. Ia membagikan informasi ini di akun Twitternya, @secgron.

Berikut cara cek nomor HP apakah bocor atau tidak:

1. Buka situs https://periksadata.com/simcardkominfo/
2. Masukkan nomor HP di kolom yang disediakan
3. Setelahnya klik opsi 'Periksa Sekarang'

Situs itu akan memperlihatkan apakah nomor kalian bocor atau tidak. Sebab website periksadata.com itu sudah memiliki sampel 2 juta data nomor HP yang disebarkan hacker.

"WAH SELAMAT! Data kamu tidak termasuk di dalam sampel yang diberikan oleh pelaku sebanyak 2 juta data," tulis situs tersebut apabila nomor yang dicek tidak termasuk dalam sampel.

Dengan kata lain, tak ada jaminan kamu aman jika nomor ponsel tidak termasuk dalam sampel yang berjumlah 2 juta itu. Karena total data yang bocor ada sekitar 1,3 miliar.

"Tapi kemungkinan data kamu ikut bocor bersamaan dengan 1,3 miliar data registrasi nomor HP lainnya," tulis situs tersebut.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami