search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jaga Keberlangsungan Tradisi, Pemuda Desa Adat Duda Dibekali Kemampuan "Mebat"
Senin, 5 Desember 2022, 17:01 WITA Follow
image

beritabali/ist/Jaga Keberlangsungan Tradisi, Pemuda Desa Adat Duda Dibekali Kemampuan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Untuk tetap menjaga warisan tradisi leluhur khususnya dalam bidang olahan tradisional, puluhan yowana di Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem diberikan pengetahuan tentang "Mebat" dan membuat "jatah madan".

Bendesa Adat Duda, I Komang Sujana mengatakan, hal tersebut merupakan kegiatan pasraman Yowana Desa Adat Dusa dalam rangka peningkatan kapasitas SDM Yowana tentang "Mebat" dan "membuat jatah madan".

"Ini didasari oleh Lontar Dharma Cecaruban, dimana di dalamnya tertuang tentang racikan bumbu genap (basa sejangkepnyane), seperti bumbu jatah, urutan, pesan, selempet, lawar barak, lawar putih, lawar selem, sadur dan komoh," kata Sujana.

Kegiatan pasraman ini dilaksanakan hari ini, Senin (5/12/2022) bertempat di wantilan Pura Puseh Desa Adat Duda. Adapun peserta yang terlibat, yaitu sebanyak 54 orang Yowana perwakilan dari 27 Banjar yang ada di Desa Adat Duda bersama 10 orang pengurus inti yowana. 

"Selain mebat, Yowana juga diberikan pengetahuan terkait dengan tata titi (pakem) megibung," ujar Sujana. 

Bagi Sujana, kemampuan di bidang mebat sangat penting untuk diketahui oleh generasi muda, sehingga tradisi yang adiluhung titipan leluhur tidak punah ditelan zaman. Apalagi saat ini, semua mengarah kepada hal yang bersifat praktis, seperti makanan prasmanan oleh karenanya prajuru Desa dengan program nangun sat kertinya wajib untuk melestarikan warisan tersebut. 

"Harapan kami agar terus estapet warisan-warisan yang hampir punah sehingga bisa tetap terjaga keberadaannya," imbuh Sujana.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami