search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
11.808 Jiwa Terdampak Banjir di Sumbawa Barat
Rabu, 15 Februari 2023, 10:02 WITA Follow
image

beritabali/ist/11.808 Jiwa Terdampak Banjir di Sumbawa Barat.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Sebanyak 11.808 jiwa terdampak bencana banjir yang menerjang Kabupaten Sumbawa Barat di Nusa Tenggara Barat pada Senin (13/2) dini hari.

 

Banjir ini akibat meluapnya aliran sungai Brang Rea Taliwang yang terjadi di wilayah itu. Sementara di kecamatan Sekotong Lombok Barat, sebanyak enam desa terendam banjir bandang, saat warga masih terlelap pada Senin (13/2) pukul 04.00 WITA.

Enam desa tersebut adalah desa Desa Sekotong Tengah, Desa Buwunmas, Desa persiapan Empol, Desa Persiapan pengantap, Desa Taman baru, dan Desa Persiapan Belongas.

Air mulai naik saat situasi orang tertidur di mana jam 02.00 Wita sudah mulai terjadi hujan. Desa paling parah akibat banjir bandang ini adalah Desa Buwun Mas, dengan korban meninggal dunia 1 orang atas nama Zahira (8 tahun) warga Dusun Sepi. Banjir di Sekotong dipicu meluapnya Sungai Cenok meskipun sudah sebelumnya dilakukan normalisasi.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Ruslan Abdul Gani mengatakan banjir yang terjadi di Kabupaten Sumbawa Barat diakibatkan cuaca ekstrem berupa curah hujan lebat yang terjadi sejak Senin (13/2) sehingga air sungai menjadi meluap.

"Ini akibat cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang terjadi pada hampir semua wilayah di NTB," ujarnya.

Ia menyebutkan terdapat sembilan desa atau kelurahan yang terdampak banjir di Kabupaten Sumbawa Barat. Di antaranya, Seminar Salit, Sapugara Bree, Tepas Sepakat, Tepas, Beru yang berada di Kecamatan Brang Rea. Selanjutnya wilayah yang terdampak berada di Tamekan, Sampir, Bugis dan Menala yang berada di Kecamatan Taliwang.

"Total ada 2.952 kepala keluarga (KK) atau 11.808 jiwa yang terdampak banjir di Kabupaten Sumbawa Barat," ungkapnya.

Ia mengungkapkan saat ini kebutuhan mendesak di lokasi banjir yang dibutuhkan mulai dari peralatan, personil, terpal, selimut, makanan siap saji, air mineral, dan paket perlengkapan keluarga.

Selasa (14/2) sehari pasca banjir, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, mengunjungi sekaligus memberikan bantuan secara langsung kepada para korban terdampak banjir bandang di Kecamatan Brang Rea dan Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat

Kedatangan Gubernur didampingi oleh Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, dan jajarannya, Forkopimda KSB dan Pemprov NTB.

"Tim kita dari Provinsi sudah standby dari tadi malam," terang Bang Zul.

Berbagai bantuan diberikan seperti selimut, sembako, makanan siap saji, dan berbagai keperluan lainnya diberikan kepada para korban.

Editor: Robby

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami