search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lagi, Kabel PJU Jalan Bypass Mandalika Dicuri
Kamis, 30 Maret 2023, 10:54 WITA Follow
image

beritabali/ist/Lagi, Kabel PJU Jalan Bypass Mandalika Dicuri.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Kabel bawah tanah Penerang Jalan Umum (PJU) Jalan Bypass BIL-Mandalika kembali dicuri. Setidaknya 5.500 meter kabel lampu PJU hilang. 

Padahal kabel ini pengganti dari kabel yang dicuri sebelumnya saat jelang event WSBK 3-5 Maret 2023 lalu digelar.

Kepala Dinas Perhubungan Lombok Tengah, H Lalu Supardan kabel tersebut sebenarnya sudah diganti saat penyelenggaraan WSBK Mandalika awal Maret ini.

“Sudah tiga kali dicuri dan kami sudah sampaikan ke Dishub Provinsi untuk dilanjutkan ke Kemenhub sebagai pemilik aset,” terangnya Rabu (29/3), dikutip tribun Lombok. 

Supardan mengungkapkan, sebelumnya Kementerian Perhubungan telah memperbaiki kabel pengganti sepanjang 4.800 meter dengan 17.000 meter rangkaian dan 340 titik lampu yang telah menyala saat WSBK.

Pihaknya baru Senin (20/3) mengetahui kabel kembali dicuri, saat petugas mengecek kondisi PJU sepanjang jalan Bypass.

Untuk mengantisipasi aksi serupa, Dishub Lombok Tengah menyarankan kepada Kementerian Perhubungan agar menggunakan kabel atas agar lebih sulit untuk dicuri.

Selain itu, Supardan juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga fasilitas publik.

"Kami sudah usulkan ke provinsi dan Kemenhub termasuk ke Balai Jalan Nasional agar menggunakan kabel atas. Tapi memang kurang estetika dan indah tapi aman kabelnya,” ceritanya.

Atas kejadian ini, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa. Hanya sebatas melaporkan ke Dinas Perhubungan Provinsi dan telah dilaporkan Kementerian Perhubungan selaku pemilik aset untuk dilaporkan kepada pihak kepolisian.

"Saya dapat informasi yang melakukan pencurian pertama sudah dilaporkan ke polisi, kalau kedua dan ketiga kami kurang tahu,” tutupnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami