search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
PBB: Jumlah Penduduk India Lampaui Cina di Pertengahan 2023
Kamis, 20 April 2023, 00:20 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/PBB: Jumlah Penduduk India Lampaui Cina di Pertengahan 2023

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Jumlah populasi di India terus meningkat dan akan mengalahkan total penduduk Cina pada pertengahan 2023.

Menurut data Perserikatan Bangsa Bangsa seperti diberitakan AFP, jumlah penduduk India per Juni 2023 diperkirakan akan mencapai 1,428 miliar orang.

Jika perkiraan ini akurat, maka total penduduk India akan menjadi tiga juta orang lebih banyak dari penduduk Cina yang berjumlah 1,425 miliar penduduk.

India punya luas geografis dari Himalaya hingga Pantai Kerala. Hampir separuh dari penduduknya adalah usia muda di bawah 25 tahun.

Menurut Pew Research Centre, jumlah orang India terus bertambah menjadi lebih dari satu miliar orang sejak tahun 1950.

India tidak mempunyai data populasi resmi terbaru, karena belum melakukan sensus sejak tahun 2011. Pemerintah India sebenarnya ingin melakukan pendataan penduduk, namun terhambat masalah logistik.

Cina selama ini menyandang predikat sebagai negara terpadat di dunia sejak jatuhnya Kekaisaran Romawi.

Namun per 2022 lalu, populasi Cina terus menyusut untuk pertama kalinya sejak tahun 1960, sementara India terus meningkat.

Pada tahun 1980-an Cina menerapkan 'one-child policy' di mana setiap pasangan hanya boleh memiliki satu anak, karena khawatir lonjakan populasi.

Namun kebijakan ini dihentikan pada tahun 2016, sehingga tiap pasangan mulai diizinkan memiliki tiga anak pada tahun 2021.

Banyak penduduk Cina menyebut penurunan angka kelahiran di Negeri Tirai Bambu akibat lonjakan biaya hidup, meningkatnya jumlah perempuan yang harus bekerja dan menempuh pendidikan tinggi.

Untuk mengatasinya, Beijing mengatakan akan menerapkan strategi nasional untuk mengatasi penuaan populasi, mendorong kampanye kebijakan tiga anak, dan langkah pendukung lainnya.

Laporan PBB juga memperkirakan populasi global akan mencapai 8,405 miliar orang pada pertengahan 2023. Jika dihitung berdasarkan rasio, nantinya satu dari lima orang di dunia adalah orang India.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami