search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jet Dua Negara NATO Cegat Pesawat Rusia di Laut Baltik
Kamis, 27 April 2023, 00:25 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Jet Dua Negara NATO Cegat Pesawat Rusia di Laut Baltik

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Jet dua negara NATO, Jerman dan Inggris, mencegat tiga pesawat pengintai militer Rusia yang terbang di atas Laut Baltik pada Rabu (26/4).

Angkatan Udara Jerman menyatakan bahwa tiga pesawat Rusia itu terdiri dari dua Sukhoi SU-27 Flankers dan satu Ilyushin IL-20.

Mereka melaporkan ketiga pesawat itu terbang di ruang udara internasional di Laut Baltik tanpa sinyal transponder. Jet Jerman dan Inggris pun dikerahkan untuk melakukan identifikasi.

"Pesawat pengintai dicegat. Jet Eurofighter milik Jerman dan Inggris diberi tahu untuk mengidentifikasi tiga pesawat militer itu," demikian pernyataan Angkatan Udara Jerman, seperti dilansir AFP.

Pesawat militer Rusia memang kerap terbang dari wilayah mereka ke Kaliningrad yang mengharuskan mereka terbang di atas Laut Baltik.

Namun dalam beberapa bulan belakangan, kian banyak jet-jet militer Rusia menerobos ruang udara di atas Laut Baltik yang sudah masuk sebagai wilayah negara lain, termasuk anggota NATO.

NATO turun tangan untuk menjaga ruang udara di sekitar Laut Baltik karena sejumlah negara anggota mereka, seperti Lithuania, Latvia, dan Estonia tak punya jet tempur sendiri.

Sebagai anggota NATO, Jerman ikut memantau wilayah udara di atas negara-negara Baltik.

Namun, seperti dilaporkan Reuters, pada awal bulan ini, Jerman menyerahkan tanggung jawab pengawasan di ruang udara Laut Baltik kepada Inggris.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami