search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Viral Pemilik Toko HP di Jalan Gumitir Denpasar Ditipu Bule
Selasa, 25 Juli 2023, 18:27 WITA Follow
image

beritabali/ist/Viral Pemilik Toko HP di Jalan Gumitir Denpasar Ditipu Bule.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Aksi penipuan yang dilakukan warga negara asing di toko HP di Jalan Gumitir Banjar Biaung, Denpasar Timur (Dentim) viral di media sosial (medsos). Pemilik toko berinisial IAD (31) tertipu hingga mengalami kerugian Rp5 juta. 

Menurut Kapolsek Denpasar Timur Kompol Nyoman Darsana, kejadian itu dilaporkan ke Polsek Dentim, pada Senin 24 Juli 2023 melalui laporan pengaduan masyarakat (Dumas). 

Kejadian terjadi sekitar pukul 11.00 WITA saat korban berjaga di tokonya. Berawal seorang pria warga negara asing datang ke toko korban sendirian. 

"Pelaku datang dengan nafas ngos-ngosan dan mengaku menjual HP baru. Pelaku mengaku terpaksa menjual HP tersebut karena perlu uang agar bisa pulang ke negaranya," beber Kompol Darsana, pada Selasa 25 Juli 2023. 

Yang menarik, pelaku mengaku tidak bisa Bahasa Inggris. Komunikasi antara pelaku dengan korban menggunakan Google translate. 

Dalam percakapan itu pelaku memperlihatkan hP miliknya lengkap dengan kotaknya. Di depan korban, pelaku juga sempat mengoperasikan HP itu dan kondisinya baik. 

"Jadi, harga baru HP itu sekitar Rp13 juta dan korban membayar Rp5 juta. Setelah uang diterima, pelaku langsung kabur," terang mantan Kapolsek Mengwi ini. 

Parahnya, setelah pelaku pergi korban mengecek lagi HP tersebut. Namun tidak mau hidup. Kejadian ini membuat korban shock dan baru melapor keesokan harinya. 

Menanggapi video viral tersebut mendapat kecaman netizen. Para netizen menyampaikan jika pelaku sudah sering melakukan aksinya bahkan sampai di Singaraja. 

"Ada juga korban mengalami kerugian puluhan juta rupiah di wilayah Jawa," kata netizen tersebut. 

Hingga kini pihak kepolisian, korban disarankan koordinasi ke Imigrasi untuk mengecek identitas warga asing tersebut. "Masih didalami," beber Kompol Darsana mengakhiri.

Editor: Robby

Reporter: bbn/bgl



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami