search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kebakaran TPA Suwung Dikhawatirkan Bisa Berdampak pada Citra Pariwisata Bali
Selasa, 17 Oktober 2023, 09:31 WITA Follow
image

beritabali/ist/Kebakaran TPA Suwung Dikhawatirkan Bisa Berdampak pada Citra Pariwisata Bali.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Pengamat menilai dampak kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar yang terjadi sejak Kamis (12/10/2023) dikhawatirkan bisa menurunkan citra Bali sebagai andalan utama sektor pariwisata nasional.

“Kebakaran TPA Suwung tidak hanya menimbulkan kerusakan ekologi dan lingkungan, namun dampak berantainya lebih luas, termasuk ke sisi ekonomis,” kata peneliti yang juga Chairman The Asia Post Institute Eko B Supriyanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/10/2023).

Dia menilai, kasus ini menjadi alarm bagi industri pariwisata di Bali. Selama ini, pariwisata adalah jantung dari perekonomian Bali. Artinya, jika sektor ini terdampak, akan ada efek rembetan ke usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Bali.

“Pada akhirnya sektor perbankan akan mengalami hujan kredit bermasalah,” kata Eko.

Sementara itu, Herdi Sahrasad, peneliti lingkungan dari Paramadina Institute of  Ethics and Civlization, menyatakan Pemprov Bali harus serius mengatasi kasus kebakaran sampah di TPA Regional Sarbagita Suwung, Denpasar, tersebut.  

“Bali ini andalan utama pariwisata kita, yang menjadi tujuan utama turis mancanegara. Kita sudah menyaksikan sendiri bagai negara maju di Eropa, AS, dan Korsel mengolah sampah dengan membangun pengolahan sampah yang modern dan berwawasan lingkungan,” kata dia.

Di sisi lain, kebakaran TPA Suwung diduga akibat gas metana dari tumpukan sampah. "Penyebab kebakaran diperkirakan dari panasnya tumpukan sampah dan gas metan yang dihasilkan, sehingga berpotensi mengeluarkan api," kata Kepala Seksi Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi dalam keterangan resmi.

Pemprov Bali memang sudah merencanakan penutupan permanen TPA Suwung seraya membangun tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) di beberapa tempat. Namun, realisasinya lambat dan belum bisa dilaksanakan hingga terjadi kebakaran sekarang ini.

Kebakaran TPA Suwung merupakan peristiwa terbaru, setelah sejumlah TPA di beberapa kota juga terbakar. Sebelumnya, terjadi kebakaran di TPA Putri Cempo di Solo, TPA Sarimukti di Bandung, TPA Randegan di Mojokerto, TPA Mrican di Ponorogo, TPA Gunung Sadai di Belitung, TPA Jatibarang dan TP Kopi Luhur di Kota Cirebon. (sumber: investor.id)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami