search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
19 Penyu Hasil Penyelundupan di Desa Baluk Jembrana Diamankan
Minggu, 19 November 2023, 16:45 WITA Follow
image

beritabali/ist/19 Penyu Hasil Penyelundupan di Desa Baluk Jembrana Diamankan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Polres Jembrana menggagalkan penyelundupan 19 ekor penyu hijau yang diamankan di Desa Baluk, Kecamatan Negara, pada Minggu (19/11/2023) dini hari. 

Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, menyatakan bahwa informasi dari masyarakat memicu penyelidikan terhadap kasus ini.

Menurut Dewa Juliana, para penyelundup awalnya membawa penyu dari Gilimanuk ke Denpasar, melalui jalur pedesaan. Penangkapan dilakukan di Desa Baluk, Kecamatan Negara. Pemeriksaan menyebutkan bahwa RPD (29) adalah pelaku yang membawa 19 ekor penyu tersebut.

"Ditemukan 19 ekor penyu berukuran beragam, saat ini dalam perawatan BKSDA Bali dan tim dokter hewan dari Jaringan Satwa Indonesia (JSI) untuk observasi sebelum dilepasliarkan," ungkap Dewa Juliana.

Pelaku, RDP, masih dalam proses pemeriksaan, sementara keterlibatannya dengan pelaku-pelaku sebelumnya sedang diselidiki.

Baca juga:
11 Penyu Selundupan di Gilimanuk Rencana Dijual untuk Dikonsumsi

Perwakilan JSI, Vemke Den Haas, menyampaikan bahwa penyu hijau yang diselamatkan mengalami stres karena berada terlalu lama di darat, menyebabkan dehidrasi dan kekurangan oksigen. JSI melakukan pertolongan pertama, pengambilan sampel darah, serta pemeriksaan USG dan DNA untuk mengetahui asal-usul penyu-penyu tersebut.

"Kondisi penyu sangat menderita akibat perdagangan ilegal ini," ungkap Vemke, menambahkan bahwa jenis penyu tersebut adalah penyu hijau dengan rentang usia 8-50 tahun, kebanyakan betina.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami