search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Petugas TPS Banjar Peninjoan Gianyar Gunakan Pakaian Adat Nusantara
Rabu, 14 Februari 2024, 13:46 WITA Follow
image

beritabali/ist/Petugas TPS Banjar Peninjoan Gianyar Gunakan Pakaian Adat Nusantara.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 006, Banjar Peninjoan, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati terdiri dari perempuan. Mereka juga mengenakan pakaian adat nusantara.

Adapun pakaian adat yang dipakai selama pemungutan suara dari Kalimantan, Sumatera, Jawa, dan Bali. 

Ketua KPSS 006 Desa Batuan Ni Wayan Riska Pratiwi menjelaskan penggunaan pakaian adat Nusantara itu berdasarkan kesepakatan bersama anggota KPPS lainnya. 
"Kami sudah sepakat pakai adat Nusantara. Supaya terlihat bhineka," jelas dia.

Dikatakan bahwa sarana pakaian yang digunakan bisa diperoleh di toko maupun butik pakaian adat. "Kami cari kesamaannya (supaya mirip daerah setempat, red). Ada kami beli," ungkap dia.

Selain pakaian, TPS yang terdiri dari 239 pemilih itu juga didesain ramah ibu dan anak. "Kami siapkan tempat bagi ibu-ibu yang mengajak bayinya, barangkali saat antre perlu menyusui," imbuhnya.

Harapannya, agar petugas TPS ini bisa menjalani tugas hingga tuntas. Usai pencoblosan, dilakukan penghitungan suara yang diperkirakan berlangsung sore hari. 

Sebab, berdasarkan pengalaman 2019, penghitungan cukup lama, karena menghitung lima surat suara yang terdiri dari DPRD Gianyar, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI hingga presiden. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami