search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
[Hoaks]: Kapolda Bali Disebut Jadi Saksi MK, Ini Informasi yang Sebenarnya
Sabtu, 16 Maret 2024, 21:58 WITA Follow
image

bbn/screenshot medsos/[Hoaks]: [Hoaks]: Kapolda Bali Disebut Jadi Saksi MK, Ini Informasi yang Sebenarnya.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Potongan video wawancara dengan awak media, Wakil Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Yusril Ihza Mahendra diunggah akun TikTok WiwingNofri2 pada Kamis (14/03/2024).

Yusril dalam video tersebut menanggapi pertanyaan terkait rencana Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud yang akan menghadirkan Kapolda sebagai saksi di sidang Mahkamah Konstitusi (MK).

“Bicara kecurangan TSM, Terstruktur, Masif dan Sistematis. Kita akan tanya secara sistematis anda bisa buktikan dimana? Misalnya Kapolda Bali, apa anda tahu yang terjadi di Aceh?” demikian potongan ucapan Yusril dalam video tersebut.

Namun, dalam video dinarasikan seakan yang akan menjadi saksi adalah Kapolda Bali. Pemilik akun menggiring opini dengan menulis caption sebagai berikut.

“Yusril keceplosan. Apa iya Kapolda andalan 03 itu bapak ini. Kita tunggu saja”

Baca juga:
hoaks-di-daerah-wisata" target="_self" title="Berulang Kali Kena 'Prank' Akun Medsos, Polda Bali Wanti-wanti Dampak Hoaks di Daerah Wisata ">Berulang Kali Kena 'Prank' Akun Medsos, Polda Bali Wanti-wanti Dampak Hoaks di Daerah Wisata

Caption tersebut disertai gambar Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra N. S.IK., M.Si.

Hasil Cek Fakta

Hasil penelusuran fakta, apa yang disampaikan oleh akun TikTok itu hanya sekadar penggiringan opini dan hoax. Pemilik akun, Wiwing Nofri menjelaskan melalui video klarifikasinya bahwa ia memohon maaf kepada Kapolda Bali dan masyarakat Indonesia. Ia menegaskan bahwa tidak ada maksud tertentu dalam mengunggah video tersebut.

“Tidak ada maksud tertentu dalam postingan tersebut, melainkan hanya sebatas ketertarikan saya terhadap dunia politik,” ucap Wiwing Nofri.

Kesimpulan

Dengan demikian dapat dipastikan bahwa narasi Kapolda Bali yang akan jadi saksi Tim Hukum Ganjar-Mahfud di MK adalah hoaks.

Sumber: 

https://tribunrakyat.com/36091/16/03/2024/sebar-hoaks-kapolda-bali-jadi-saksi-mk-pemilik-akun-tiktok-minta-maaf.html
https://www.instagram.com/reel/C4ihEcSLnQ6/?igsh=MWFndnowODFzYzRzbw==

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami