search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Menu Makanan Sehat Untuk Usia 50 Tahun ke Atas
Selasa, 21 Mei 2024, 10:50 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/7 Menu Makanan Sehat Untuk Usia 50 Tahun ke Atas

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Memasuki usia tua, sudah seharusnya menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Dalam hal ini, nutrisi berperan penting. Perhatikan menu sehat untuk usia 50 tahun ke atas berikut ini.

Pada umur yang kian menua, umumnya manusia akan mengalami berbagai perubahan tubuh seperti melambatnya metabolisme, menurunnya kadar hormon, dan meningkatnya kebutuhan nutrisi tertentu.

Pada usia tua, penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dikutip dari National Library of Medicine, ketika memasuki usia 50 tahun, massa otot cenderung berkurang sebesar 3-8 persen per dekade setelah usia 30 tahun.

Proses alami ini mengakibatkan hilangnya jaringan otot sehingga penting untuk mengonsumsi makanan yang bisa mendukung pertumbuhan jaringan otot di masa tua.

Rekomendasi menu sehat untuk usia 50-an

Mengutip berbagai sumber, berikut adalah rekomendasi menu sehat untuk usia 50 tahun ke atas.

1. Buah beri
Buah beri kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan flavonoid yang membantu menjaga kesehatan usus, mengatur berat badan, dan melindungi dari penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Buah beri juga baik untuk otak, membantu meningkatkan keterampilan motorik dan memori jangka pendek. Asupan buah beri juga dapat mengurangi risiko demensia dan penyakit kardiovaskular.

2. Sayuran hijau
Sayuran seperti kangkung, brokoli, dan bayam kaya akan kalsium dan serat. Semua nutrisi ini penting untuk kesehatan tulang dan otot di masa tua.

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau setiap hari dapat meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi risiko penyakit jantung serta demensia.

3. Makanan laut
Ikan seperti salmon dan tuna adalah sumber asam lemak omega-3, yang baik untuk kesehatan otak dan jantung.

Mengonsumsi makanan laut dua hingga tiga porsi per minggu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kronis.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Makanan ini juga kaya akan asam lemak omega-3 yang melindungi otak.

Mengonsumsi kacang-kacangan dalam porsi yang cukup setiap hari dapat membantu mengurangi kolesterol dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

5. Keju cottage
Keju cottage adalah sumber protein hewani yang baik, membantu merangsang sintesis protein otot. Keju ini juga tinggi kalsium dan vitamin D, yang penting untuk pemeliharaan kepadatan tulang pada usia tua.

6. Air mineral
Hidrasi yang baik sangat penting seiring bertambahnya usia. Mengonsumsi cukup air dapat membantu melawan efek penurunan fungsi usus dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

7. Alpukat
Alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung. Mengonsumsi alpukat dua porsi per minggu dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Jadi, itu adalah menu sehat untuk usia 50 tahun ke atas. Memperhatikan asupan makan dan memastikan nutrisi tubuh cukup dapat berpengaruh pada kualitas hidup yang baik. (sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami