search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Remaja asal Buleleng, Monalitha Artha Tembus Finalis Miss Tionghoa Indonesia 2024
Minggu, 1 September 2024, 17:58 WITA Follow
image

beritabali/ist/Remaja asal Buleleng, Monalitha Artha Tembus Finalis Miss Tionghoa Indonesia 2024.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Akulturasi budaya di Bali Utara khususnya perpaduan antara budaya Bali dengan warga keturunan tionghoa di Buleleng mengantarkan Monalitha Artha (16), remaja asal Buleleng sebagai finalis Miss Tionghoa Indonesia 2024 dalam kaegori remaja setelah menyisihkan sejumlah peserta dan menyandang gelar Miss Tionghoa Bali 2024.

Di sela-sela kesibukan menyiapkan diri menjelang Grand Final yang akan berlangsung di Surabaya, Minggu 1 September 2024 di kediamannya di Desa Kalibukbuk Kecamatan Buleleng menuturkan awal mulanya mengikuti ajang kontes tersebut dan berharap dukungan masyarakat agar bisa memenangkan kompetisi dan membawa nama baik Provinsi Bali dan Kabupaten Buleleng secara khusus.

"Ada alkulturasi budaya tionghoa di Buleleng yang melekat dan berjalan sejak lama. Banyak peninggalan budaya, kuliner dan juga bangunan-bangunan budaya tionghoa di Singaraja ini. Potensi ini yang menjadi daya tarik dan perlu dikembangkan. Mohon doa dan dukungannya agar Mona bisa menang dan mengenalkan Provinsi Bali dan Buleleng secara khusus di tingkat nasional," ucap Mona mengawali perbincangan didampingi orang tuanya Putu Budiartha dan Sarmila.

Banyak persiapan yang telah dilakukan dengan dukungan keluarga, dimana Monalitha Artha bakal berkompetisi di Surabaya, Jawa Timur, pada 13-15 September 2024, sehingga memerlukan persiapan diri dengan belajar bahasa Mandarin, modeling, public speaking, serta budaya Tionghoa. 

“Sudah, persiapan sudah dilakukan terutama belajar bahasa Mandarin, tari China dan belajar tradisi serta budaya Tionghoa lainnya," bebernya.

Melestarikan budaya Tionghoa, secara khusus di Bali dan mengenalkan potensi Bali dan Buleleng di kancah nasional menjadi motivasi untuk mengikuti ajang Miss Tionghoa Indonesia 2024 dengan memperkenalkan budaya Tionghoa di Buleleng secara khusus yang berakulturasi dengan budaya lokal. 

“Banyak tradisi yang dilakukan antara budaya tionghoa dengan budaya lokal disini,” papar Mona.

Monalitha yang tercatat sebagai pelajar di SMAN 1 Singaraja berharap dukungan dalam ajang Miss Tionghoa Indonesia kategori remaja, masyarakat dapat memberikan vote melalui akun Instagram @misstionghoaindonesia. 

“Tentunya kami memohon dukungan melalui voting dengan mengakses akun di instagram misstionghoaindonesia dan mencari nama saya Monalitha Artha,” ungkapnya.

Dalam ajang kompetisi Miss Tionghoa Indonesia 2024 yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur, Monalitha akan mengikuti proses karantina selama tiga hari hingga pada puncak acara. 

Grand Final kompetisi tersebut akan digelar pada 15 September 2024 untuk menentukan pemenang Miss Tionghoa Indonesia 2024 dalam katagori cilik, kategori remaja dan kategori dewasa.

Editor: Robby

Reporter: bbn/bul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami