search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pura Puseh Tulikup Kelod Dibobol Maling, Perangkat CCTV Raib
Kamis, 10 Oktober 2024, 18:52 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pura Puseh Tulikup Kelod Dibobol Maling, Perangkat CCTV Raib.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Aksi pencurian menimpa Pura Puseh Desa Adat Tulikup Kelod Banjar Roban Desa Tulikup Kecamatan Gianyar. Pencuri menggasak perangkat CCTV di pura. Kejadian itu menyebabkan pihak pura menderita kerugian jutaan rupiah. 

Kapolsek Gianyar Kompol Nyoman Sukadana membenarkan kejadian itu. Kejadian diketahui pada Selasa, 8 Oktober 2024 sekira pukul 11.00 WITA.

Berawal dari saksi Ketut Sudiarta selaku Kelian Adat Br. Roban Desa Tulikup dan Saksi Gusti Ngurah Gede Suwirya datang ke Pura Puseh Desa Adat Tulikup Kelod hendak mau mengambil alat untuk membakar bulu babi di balai penyucian / gudang Pura Puseh. Alat itu terkait adanya upacara Karya Agung di Pura Sakti Desa Tulikup.

Pada saat hendak mengambil Saksi 1 kaget melihat monitor dan server CCTV yang terletak di dalam gudang sudah tidak berada di tempat (hilang). Dengan adanya kejadian tersebut selanjutnya Saksi 1 menghubungi Bendesa Adat Tulikup dan Bhabinkamtibmas Desa Tulikup yang selanjutnya melaporkannya ke Polsek Gianyar untuk penanganan lebih lanjut.

Adapun barang - barang yang hilang berupa, Dvr hikvision 8Ch dan hardisk 1Tb dan konektor, Monitor hikvision 22 in bezelless. "Kerugian materiil diperkirakan sebesar Rp 5 juta," ujar Sukadana. 

Menurut keterangan Saksi kelian, monitor dan server CCTV tersebut dilihat terakhir pada hari Minggu tanggal 29 September 2024 pada saat dilakukan penyineban atau selesai melaksanakan piodalan di Pura Puseh Desa Adat Tulikup. Gudang / balai penyucian Pura Puseh tersebut biasanya dalam keadaan terkunci. 

"Namun pada saat terjadinya pencurian kebetulan gudang tersebut lupa dikunci sehingga memudahkan pelaku dalam melakukan aksi pencurian tersebut," terang dua. 

Atas kejadian itu, kepolisian telah turun mengecek kondisi TKP. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami