search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tebang Kayu Hutan Lindung, 2 Warga Diamankan Buser
Senin, 8 Desember 2008, 15:54 WITA Follow
image

ilustrasi/google

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BANGLI.

Petugas gabungan dari Polhut Kintamani Timur dan Buser Mapolsek Kintamani berhasil menciduk dua orang penebang kayu di kawasan hutan lindung Kintamani , tepatnya di hutan lindung sekitar Pura Jati , Desa Adat Batur Kintamani.

Dua tersangka yang diamankan yakni Jero Gede Ardana (44) dan Jero Kupter (44) warga Desa Songan Kintamani.

Dari tangan tersangka petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa tiga batang pohon ampupu dengan diamater 30-40 cm. Barang bukti tersebut selanjutnya diamankan ke Mapolsek Kintamani sebagai barang bukti.

“ Tersangka telah kita amankan di Mapolsek Kintamani untuk penyidikan lebih lanjut, “ tegas Kapolsek Kintamani AKP I Komang Agus Sudarsana, SE seijin Kapolres Bangli AKBP I Putu Mahasena, SH Senin ( 8/12) kemarin.

Penangkapan kedua tersangka tersebut, ungkap Agus Sudarsana bermula ketika seorang petugas Polhut Kintamani timur memergoki kedua tersangka tengah menebang pohon jenis ampupu.

Untuk memudahkan menangkap kedua tersangka, petugas tersebut langsung mengadakan koordinasi dengan petugas di Mapolsek Kintamani.

Petugas buser yang diperintahkan datang ke TKP, langsung melakukan penggrebekan. Keduanya tertangkap tangan ketika sedang mengangkut hasil jarahannya itu.

Di hadapan petugas, kedua tersangka mengaku jika kayu hutan yang ditebang tersebut dipergunakan untuk kayu bakar. Namun petugas tak percaya begitu saja sebab kayu yang ditebang tersebut ukurannya cukup besar.

Kuat dugaan kayu tersebut sengaja ditebang untuk dijual. Petugas kepolisian setempat menduga tersangka memang telah sering melakukan penebangan pohon.

Untuk mengelabui petugas, mereka melakukan aksinya dengan cara memotong akar kayu tersebut dan jika ada angin maka pohon akan tumbang dengan sendirinya. 

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami