search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Angin Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah
Jumat, 13 September 2013, 09:08 WITA Follow
image

google.com/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Beritabali.com. Negara. Puluhan rumah milik warga di tiga desa kecamatan Jembrana rusak pada bagian atapnya setelah diterjang angin puting beliung. Kejadian alam tersebut terjadi tidak diduga oleh warga dan terjadi dengan cepat.

Kerusakan rumah yang disebabkan angin puting beliung tersebut terbanyak di Desa Air Kuning, disini sebanyak 22 KK rumahnya rusak pada bagian atapnya. Sementara di Desa Yeh Kuning jumlah rumah yang rusak 13 unit.

Selain membuat kerusakan puluhan rumah, kejadian ini juga mengakibatkan satu orang kakek luka luka akibat terkena pecahan genteng rumahnya yang di sapu angin puting beliung tersebut.

Anak korban Dewa Dewa Komang  Darwa (52) warga Desa Yeh Kuning mengatakan, ayahnya yang bernama Dewa Putu Jinggo (85) saat kejadian berada di balai bengong sendirian, ketika angin puting beliung menyapu atap rumahnya, kakeknya terkena pecahan genteng.

"Ayah saya waktu itu sedang duduk di balai bengong, tiba tiba angin datang dan menghancurkan genteng rumah saat itu juga mengenai kaki ayah saya," jelasnya."

Selain merusak puluhan rumah di Desa Yeh Kuning dan Desa Air Kuning, angin puting beliung tersebut juga merusak bangunan gedung sekolah SMP 5 Negara, tower Jinet yang tidak berfungsi lagi roboh dan menimpa sebuah rumah  dekat sekolah tersebut, beruntung saat tower jinet roboh didalam rumah tidak aada penghuni. Kerusakan juga terjadi pada bagian atap sekolah tersebut, sebagian genteng diruang lab komputer hancur.

Sementara kerusakan akibat angin puting beliung juga terjadi di Lingkungan Mertasari Kelurahan Loloan Timur, Jembrana. Di sini 4 unit rumah warga mengalami kerusakan yang cukup parah. Selain rumah kerusakan juga terjadi pada sebuah pelinggih milik warga setempat.

Selain itu kandang sapi dari kelompok Simantri juga hancur diterjang angin puting beliung. Atap kandang sapi tersebut hancur. Menurut Camat Jembrana Wayan Sudana disela sela melakukan pemantauan dilapangan mengatakan, kerusakan rumah warga yang paling banyak di Desa Yeh Kuning dan Air Kuning, pihaknya masih melakukan pendataan berapa jumlah rumah warga yang mengalami rusak parah dan ringan.

" Kita sudah cek dilapangan berapa jumlah rumah yang rusak, agar kita bisa mengajukan untuk memberikan bantuan, " jelasnya.

Belum bisa dipastikan berapa total kerugian material yang dialami. Selain Desa Yeh Kuning, Air Kuning dan Mertasari, angin puting beliung juga menerjang Desa Tegal Badeng Timur, Desa Budeng.(Jsp)

 

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami