search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
India Merayakan Hari Republik di Bali
Senin, 26 Januari 2015, 17:58 WITA Follow
image

bbn/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Para anggota komunitas India di Bali, bersama-sama dengan sahabat India mereka dari Bali, merayakan Hari Republik India di Konsulat Jenderal India di Renon, Denpasar, dengan keceriaan dan semangat tradisional. 

Lebih dari 150 orang India, orang-orang yang berasal dari India dan teman-teman dari India, bersama dengan 40 siswa sekolah dari dua sekolah India - GMIS dan Taman Rama Sekolah - juga menghadiri.

Konsul Jenderal, A.S. Takhi, mengibarkan bendera nasional India, diikuti oleh masyarakat India dan teman-teman dari India yang bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan India, Jana Gana Mana, ditulis oleh pemenang Nobel dan penyair terkenal, Rabindranath Tagore.

Para guru dan siswa dari GMIS & Sekolah Taman Rama serta murid bahasa Hindi di Bali menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Guru & siswa GMIS bernyanyi 'Sare Jahan Se Accha Hindosta Hamara' sementara siswa Bali di sekolah Taman Rama menyanyikan lagu renungan sayang untuk Mahatma Gandhi 'Raghupati Raghav Raja Ram'. 

Para siswa Bali yang sedang belajar Bahasa Hindi di Konsulat menyanyikan lagu patriotik 'Jhanda Uncha Rahe Hamara' dengan indah, mempromosikan patriotisme dan nasionalisme.

Konsul Jenderal membacakan pidato dari Presiden India, Mr. Pranab Mukherjee, yang disampaikan pada malam hari perayaan Hari Republik. Mengucapkan selamat kepada rakyat India, Presiden menekankan bahwa Konstitusi India diadopsi pada 26 Januari 1950 yang membuat 'demokrasi, kebebasan iman, kesetaraan gender dan meningkatnya ekonomi bagi mereka yang terperangkap dalam perjalanan kemiskinan yang parah' menjadi wajib. Dia juga menyoroti bahwa legislatif harus memberlakukan 'undang-undang progresif menggunakan dialog beradab'. 

Konsul Jenderal dan anggota terkemuka dari masyarakat India membagikan sertifikat kepada enam mahasiswa Bali yang berhasil menyelesaikan kursus dasar mereka dalam belajar bahasa Hindi.

Dalam kesempatan ini juga ditandai dengan peluncuran terbentuknya Asosiasi India di Bali (IAB), yang menyediakan serambi umum untuk semua anggota komunitas India & asal India serta masyarakat Bali untuk datang bersama-sama dan bekerja untuk memperkuat hubungan dan persahabatan antara kedua negara yang sudah berlangsung selama berabad-abad.

Para tamu juga termasuk perwakilan organisasi sosial-budaya di Bali serta warga India dan Indonesia pada kunjungan jangka pendek mereka ke Bali. Para peserta benar-benar menikmati suasana dan makanan lezat India.

Konsulat juga mengadakan live streaming Parade Hari Republik di tempat bersejarah Rajpath di Delhi, disiarkan di Doordarshan bagi masyarakat India. Konsul Jenderal juga menjelaskan kepada komunitas India tentang Festival of India di Indonesia yang diluncurkan dengan slogan 'Sahabat India'.

Festival akan berlangsung dari Januari sampai Mei 2015 dan akan memamerkan seni & budaya India dan akan membawa semangat dan kekuatan, keterlibatan sosial ekonomi dan budaya India dengan negara yang ramah Indonesia ke tingkat yang baru. Musik, video dan logo Festival of India juga diputar dalam acara ini. Sajian makanan lezat India juga disajikan kepada para tamu.

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami