search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Survei Charta Politika : Popularitas Sudirta-Sumiati Tertinggi di Karangasem
Senin, 19 Oktober 2015, 17:05 WITA Follow
image

bbcom/file

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Setelah sebelumnya dinyatakan unggul dari hasil survei Saiful Murjani RC (SMRC), survei teranyar yang dilakukan lembaga survey yang dikenal kredibel dan layak dipercaya yakni Lembaga Charta Politika terhadap pasangan calon bupati dan wakil bupati Karangasem, kembali menempatkan pasangan calon I Wayan Sudirta-Ni Made Sumiati (SMS), di posisi teratas dengan tingkat keterpilihan mencapai 38 persen.
 
Sementara dua pesaingnya, I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Wayan Artha Dipa (Masdipa) dan I Made Sukerana- Komang Kisid (Sukses) berada di posisi di bawahnya.
 
"Berdasarkan survei di delapan kecamatan di Kabupaten Karangasem pasangan Wayan Sudirta-Ni Made Sumiati (paket SMS) dinyatakan paling unggul dibanding dua kandidat lainnya," ungkap Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam keterangan resminya, Senin (19/10/2015).
 
Toto sapaan Yunarto Wijaya menyatakan dari hasil survei dan  pengumpulan data yang dilaksanakan 10-17 September lalu melalui teknik wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur terhadap 400 orang responden yang terdaftar sebagai pemilih, paket SMS ternyata menempati posisi teratas.
 
Sementara, metodologi yang digunakan adalah sampel acak bertingkat (multistage random sampling) dengan memperhatikan urban dan proposal antara jumlah sampel dengan penduduk di kabupaten bersangkutan.
 
"Metodologi survei dilakukan terhadap 400 orang dan dipilih secara acak dengan tingkat margin of error kurang lebih 4 sampai 9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen," ungkapnya
 
Dari sampel 400 orang tersebut, imbuh Toto, diambil dari masing-masing desa sebanyak 10 orang di 40 Desa atau kelurahan se Kabupaten Karagasem. Dalam survei tersebut juga dilakukan quality control terhadap hasil wawancara yang dipilih secara random sebesar 20 persen dari toral sampel.
 
"Dalam quality conrol tidak ditemukan adanya kesalahan berarti. Survei tersebut dapat dijadikan tolok ukur pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Karangasem pada 9 Desember 2015," jelasnya.
 
Ada beberapa pertanyaan pada orang yang dijadikan sampel. Diantaranya terkait kepuasan pada kinerja pemerintah pusat, Provinsi Bali dan Kabupaten Karangsem. Terkait Pilkada karangsem, pertanyaannya adalah kemantapan pemilih, kesukaan pemilih pada tokoh, popularitas calon dan calon yang akan dipilih pada saat Pilkada 9 Desember mendatang.
 
 
Toto mengaku sebaran responden di delapan kecamatan, yakni Kecamatan Abang sampel 17,5 persen, Bebandem (10,0 persen), Karangasem (20 persen), Kubu (17,5 persen), Manggis (10 persen), Rendang (7,5 persen), Selat (10 persen), dan Kecamatan Sidemen (7,5 persen).
 
Dan yang paling dikenal di Karangasem,  responden menyebutkan I Wayan Sudirta sebesar 45,3 persen, Gusti Ayu Mas Sumantri (21,5 persen), I Made Sukarena (16.0 persen), Ni Made Sumiati (3,3 persen), Wayan Artha Dipa (1,0 persen) dan Komang Kisid (0,8 persen). Sedangkan tingkat kesukaan Wayan Sudirta mendapatkan tanggapan dari responden sebesar 85,0 persen.
 
"Gusti Ayu Mas Sumantri (70,0 persen), I Made Sukarena (70.0 persen), Ni Made Sumiati (68,5 persen), Wayan Artha Dipa (61,0 persen) dan Komang Kisid (57,0 persen)," paparnya.
 
Calon Bupati I Wayan Sudirta juga menempati posisi teratas dari tingkat popularitas sebesar 86,5 persen, posisi kedua Sukerana 74,0 persen; posisi ketiga Sumatri 72,5 persen; posisi keempat Ni made Sumiati 70,8 persen; Arta Dipa 64,5 persen dan Komang Kisid 61.0 persen.
 
Tingkat elektabilitas atau keterpilihan dalam pemilihan kepala daerah 9 Desember mendatang pasangan calon SMS sebanyak 38.0 persen. Sedangkan pasangan calon Masdipa dan Sukses masih kalah dari responden yang tidak menjawab. Pasangan calon Masdipa hanya 23.0 persen dan Sukses 13.0 persen. responden yang tidak menjawab 25.8 persen.
 
Pasangan calon SMS juga unggul jika head to head dengan pasangan calon Masdipa. Dimana perolehan elektablitas pasangan calon SMS mencapai 39,8 persen dan Masdipa hanya 24,3 persen. responden yang tidak menjawab sebesar 36.0 persen. Begitu juga pasangan SMS head to head dengan pasangan calon Sukses. Pasangan calon SMS tingkat elektabilitasnya 42,8 persen, sedangkan Sukses hanya 16.0 persen. Suskes kalah dengan responden yang tidak menjawab sebanyak 41,3 persen.
 
Dari hasil survei tersebut pasangan calon SMS dinilai mampu memenangkan pemilihan kepala daerah Kabupaten Karangsem 2015 ini. Calon Bupati Karangsem I Wayan Sudirta yang ikut hadir dalam pengumuman hasil survei tersebut mengaku hasil survei tersebut bisa dipertanggungjawabkan. Menurutnya, hasil survei harus dijadikan cerminan agar pasangan calon bekerja keras.
 
"Kalau dengan membuka hasil survei ini  memancing para calon untuk berbuat maksimal pada rakyat dan rakyat berterima kasih, kemudian hasil survei saya naik itu bukan urusan saya," pungkasnya.[bbn/dws]

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami