search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Perketat Angkutan Online, Bandara Ngurah Rai Pasang Elektronic Boking di Maret Nanti
Rabu, 22 Februari 2017, 16:00 WITA Follow
image

Kendaraan yang antri masuk ke Bandara Ngurah Rai Bali. [ist]

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com, Badung. Pro dan kontra operasional angkutan online berbasis aplikasi seperti Grab, Uber dan GoCar kembali menyulut penolakan dari transport lokal khususnya di Bandara Ngurah Rai, Tuban, Badung.
 
Mereka sangat mengeluhkan keberadaan angkutan online yang makin berani masuk ke dalam airport, meskipun operasionalnya masih dilarang oleh otoritas bandara, yakni Angkasa Pura I.
 
[pilihan-redaksi]
Apalagi wilayah airport banjir penumpang sehingga selama ini memang menjadi rebutan para sopir angkutan online. Namun seperti diketahui, di Bandara Ngurah Rai sudah terbentuk pangkalan ataupun angkutan yang resmi beroperasi di bandara.
 
Bahkan, selain sudah bekerjasama dengan pihak AP I sebagai otoritas bandara, juga resmi membayar pajak dan retribusi angkutan.
 
"Ada yang bisa jamin ngak kalau online transportasi bayar pajak pendapatan? Kita di airport jika telat bayar pajak sudah kena SP dari Angkasa Pura," ucap Ketua Cempaka Transport, Raja Santosa, Rabu (22/2).
 
Keluhan transport lokal di bandara akhirnya ditanggapi serius oleh pihak Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai Bali. Selain memperketat angkutan online masuk airport dengan melakukan sweeping juga akan segera memasang Elektronik Booking untuk angkutan lokal di airport.
 
Selain mencegah monopoli salah satu transport lokal di bandara, juga bisa membatasi gerak angkutan online di airport. 
 
"Per Maret ini, tansport bandara akan di gabung jadi satu dari empat yang ada dengan satu pintu, yaitu dengan Elektronik Booking. Jadi sudah tidak ada lagi monopoli transport," ungkapnya.
 
Ketika dikonfirmasi awak media, Kepala Divisi humas dan Bidang Hukum Bandara Ngurah Rai, Awaluddin membantah selama ini terjadi monopoli angkutan di bandara. Selaku otoritas bandara sudah memberikan kesempatan bagi transport lokal dengan seleksi yang sangat terbuka. Jadinya tidak ada monopoli seperti yang disebutkan selama ini.
 
"Transport di bandara tidak ada monopoli, karena proses seleksinya terbuka. Siapa saja punya kesempatan untuk itu, kecuali ada pemain tunggal di dalamnya," bantahnya.
 
Namun terkait dengan pemasangan Elektronic Boking pihaknya membenarkan rencana tersebut. Sekitar bulan Maret nanti rencananya akan segera dipasang mirip mesin ATM untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang di bandara.
 
[pilihan-redaksi2]
"Itu hanya inovasi sistem aja, jadi semua untuk booking taksi melalui sistem kayak ATM. Penumpang bisa milih dari mesin tersebut. Tapi untuk TMT-nya saya belum dapat pastinya kapan, nanti saya info ya," jelasnya.
 
Awaluddin juga menjelaskan, para penumpang bandara akan dipermudah dengan Eletronik Booking itu. Mereka diwajibkan memesan angkutan lewat mesin tersebut, khusus untuk angkutan yang resmi beroperasi atau yang sudah bekerja sama dengan pihak bandara.
 
"Modelnya kayak ATM. Jadi penumpang tinggal pilih aja taksi apa yang mereka inginkan. Tapi hanya angkutan yang sudah kerjasama dengan Angkasa Pura dan yang punya kontrak atau perjanjian," pungkasnya. [bbn/idc/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami