search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Upacara HUT Kemerdekaan Digelar di Tengah "Peken" Amlapura
Kamis, 17 Agustus 2017, 16:35 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Sekitar 30 orang dari perkumpulan mahasiswa Universitas Mahendradata melaksanakan upacara penghormatan bendera merah putih di pasar timur Amlapura, Kamis (17/8) sekitar pukul 9.30 wita.
 
"Kalau upacara di lapangan udah lazim, yang tak lazim itu upacara di pasar," kata I Gusti Kirana Dana salah satu mahasiswa senior penggagas kegiatan tersebut.
 
Dirinya mengaku membuat gagasan untuk melaksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan di pasar muncul secara spontannitas. Hal tersebut dilakukan agar di kalangan masyarakat umum tetap merasakan suasana HUT RI ke 72 meskipun di tengah kesibukan transaksi jual beli di dalam pasar.
 
"Di kalangan masyarakat khususnya seperti pedagang dan petani nyaris tidak pernah mengikuti upacara peringatan hari kemerdekaan, inilah yang melatar belakangi kami untuk melaksanakan upaca di pasar disamping untuk memperjuangkan hak dan kewajibannya," ungkapnya.
 
Sementara itu, ada yang berbeda saat berlangsungnya upacara penghormatan bendera Merah Putih diareal pasar tersebut. Ditengah ramainya transaksi jual beli, nampak seorang pedagang secara sepontan tanpa dikomando ikut hormat ketika para mahasiswa tersebut mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia raya.
 
Hal tersebut membuktikan bahwa ditengah kerasnya perjuangan hidup, didalam sanubadi masyarakat masih tertanam semangat para pejuang kemerdekaan Negara Republik Indonesia.
 
Upacara yang diikuti sekitar 30 orang mahasiswa tersebut belangsung hikmat di tengah keramaian pasar. Dalam pelaksanaan upacara tersebut hanya dilaksanakan penghormatan dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta mengheningkan cipta yang dipimpin oleh ketua pelaksana Kadek Sudarmika.[bbn/igs/psk]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami