search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pergub 99 Tahun 2018, Pertemukan Kebutuhan "Buyer" dengan Produk Petani Lokal
Kamis, 10 Januari 2019, 11:17 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Pergub 99 tahun 2018 dinilai mampu mengatasi titik temu kebutuhan pembeli (buyer) dengan produk petani lokal.
 
“Dengan adanya Pergub tersebut kami harapkan petani bisa mempersiapkan produksi sesuai jumlah dan kualitas, kesiapan ini penting karena buyer dari hotel dan supermarket membeli sesuai kualitas sehingga jumlah produksi harus disiapkan,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Causa Iman Karana, Rabu (9/1) di Sanur, Denpasar.
 
Untuk itu, ia menilai Pergub no 99 Tahun 2018 dinilai sangat bagus karena akan melindungi produk pertanian, perikanan dan industri lokal Bali. Kendati belum 100 persen produk lokal bisa terserap atau hanya 60 persen, namun semuanya dinilai memiliki manfaat yang positif.
 
Bali pun siap karena memiliki pasar yang besar. “Jangan sampai produk yang dinikmati datangnya dari luar Bali. Kini tinggal tunggu bagaimana itu bisa terealisasi," ucapnya.
 
Menurutnya, pengusaha harus siap dan petani juga siap dari sisi jumlah. Adanya Pergub selaras dengan upaya BI yang selama ini menggaungkan pertumbuhan ekonomi baru sehingga ekonomi bisa seimbang.
 
Seimbang yang dimaksud adalah tidak hanya pertanian produk lokal namun industri kreatif juga bisa tumbuh dan seimbang. Selain memberikan kepastian pemasaran, lanjutnya Pergub ini bertujuan memberikan kepastian harga jual terhadap produk pertanian, perikanan dan industri lokal Bali.
 
 
Pergub ini juga akan mengatur tata niaga produk pertanian, perikanan, dan industri lokal Bali yang berpihak kepada masyarakat Bali, meningkatkan kuantitas, kualitas dan kontinuitas produksi sehingga meningkatkan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami