search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Wujudkan 10 Persen lulusan Berwirausaha, Poltekpar Bali Gelar Workshop Design Thinking
Jumat, 7 Februari 2020, 12:00 WITA Follow
image

Workshop Design Thinking Poltekpar Bali

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali yang sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Pariwisata Bali (STP) merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang kepariwisataan di lingkungan Kementerian Pariwisata, punya komitmen agar lulusannya bisa berwirausaha.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan mendirikan unit kewirausahaan yang di dalamnya ada inkubator bisnisnya (STPreneur) tahun 2019 lalu.

Sejak tahun lalu, unit kewirausahaan telah menggelar workshop dan bootcamp untuk menyiapkan wirausaha pemula untuk digembleng lagi di inkubator bisnis.

I Putu Esa Widaharthana SE MSc
Kepala unit kewirausahaan Poltekpar Bali menyampaikan, untuk tahun ini,  program kewirausahaan tersebut dimulai dengan menggelar workshop design thinking.

"Program dari unit kewirausahaan  diawali dengan design thinking, kemudian peserta diseleksi untuk memperoleh tenan sebagai calon peserta bootcamp selama 3 hari 2 mlm di sebuah hotel di seminyak,"jelas Putu Esa.

Lebih lanjut Putu Esa menyampaikan bahwa peserta yang lolos tahap bootcamp akan diinkubasi oleh STPreneur.

"Peserta yang diinkubasi inilah yang kami harapkan bisa memenuhi target jumlah lulusan yang berwirausaha dapat mencapai 10%," papar Putu Esa.

Sementara itu, DR. Dina Delyana, Direktur Inkubator Bisnis SBM ITB yang menjadi narasumber dalam workshop desigm thingking menyampaikan bahwa trend startup saat ini adalah di bidang fintech, ecommerce dan lifestyle.

"Mahasiswa Poltekpar Bali berpotensi untuk meramaikan dunia startup di bidang lifestyle sesuai dengan jurusan  yang mereka tekuni disini, " ujar DR.  Dina yang merupakan lulisan doktoral di Scince Management ITB tahun 2016.

Lebih lanjut DR. Dina menyampaikan bahwa workshop hari ini adalah untuk mahami bagaimana entrprenural process dan bagaimana menggali ide bisnis.

"Peserta workshop diharapkan bisa mengidentifikasi peluang lalu dengan kreatifitas masing-masing bisa mengahasilkan ide bisnis," jelas DR. Dina.

Workshop yang dibuka Wakil Direktur I, Drs. I Wayan Muliana, MEd dan diikuti oleh mahasiswa dari 11 program studi di Poltekpar Bali tampak antusias.

Ni Kadek Ayunita, mahasiswa jurusan MKH mengatakan kalau workshop ini sangat bagus dan bermanfaat.

"Kami khan basicnya hospitality, kami juga berharap bisa berwirausaha, materi hari ini bisa untuk bekal kami nanti, "pungkas Kadek Ayunita.

Reporter: bbn/gus



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami