search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ubah Orientasi Anak Muda dari ASN Menjadi Enterpreneur
Kamis, 26 November 2020, 20:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Untuk menyemangati dan menginspirasi anak muda menjadi pengusaha, perlu mengubah orientasi anak muda tidak hanya menjadi Aparatur Sipil Negara atau ASN, tetapi memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha. 

Pasalnya, menjadi pengusaha adalah sebagai bagian dari cara berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara. Demikian dikatakan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr H Zulkieflimansyah saat membuka Malam Penganugerahan Lomba Wirausaha Muda NTB 2020, yang diselenggarakan oleh International Council for Small Business (ICSB), di Hotel Lombok Astoria, Mataram, Rabu (25/11). 

"Saya ingin, orientasi anak muda itu tidak hanya menjadi Aparatur Sipil Negara, tapi memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha. Agar sebagai bagian dari cara kita berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara," kata Gubernur Zul. 

Pihaknya menekankan dari kontestasi tujuan utamanya bukan memilih wirausaha muda yang juara satu atau lainnya. Melainkan event ini harus mampu menginspirasi dan menyemangati banyak anak muda NTB dan Indonesia untuk berani berwirausaha.

"Fungsi pemerintahan dalam dunia usaha adalah sebagai fasilitator dan regulator. Sedangkan dunia usaha adalah mesin ekonomi yang menyediakan lahan pekerjaan, mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kapasitas SDM," terang Gubernur Zul. 

Lanjutnya, pemerintah daerah akan terus mensupport agar usaha-usaha kreatif anak muda di NTB terus berjalan dalam lingkungan yang nyaman dan aman.

 Sementara Koordinator ICSB NTB, Hajah Niken Saptarini Widyawati mengapresiasi antusiasme pengusaha muda NTB dalam kompetisi wirausaha muda ini. 

Niken berharap anak muda NTB terus berinovasi untuk menjadi enterpreneurship dan membangun UKM.

Ketua Pelaksana kegiatan Penganugerahan Wirausaha Muda NTB tahun 2020, Indah Purwaningsih mengatakan, peserta anak muda dengan kategori umum dan pelajar ini merupakan 10 besar yang masuk dalam finalis telah melalui proses seleksi yang cukup ketat.

Dari 440 wirausaha muda yang terdaftar se-NTB, sudah disaring melalui tiga tahap seleksi yaitu seleksi kelengkapan administrasi,  deep interview, dan tahap tiga  yakni choosing bisnis selama tiga hari. 

Proses penentuan duta wirausahawan muda NTB tahun 2020 dinilai secara ketat oleh juri yang terdiri dari Koodinator ICSB NTB, ICSB Pusat, Kadis Perdagangan, Kadin, dan Dosen Fakultas Ekonomi Unram.

 Acara penganugerahan wirausaha muda ini  juga dihadiri oleh perwakilan BI, Perbankan, OJK, Iwapi, dan HIPMI NTB.

Reporter: Kominfo NTB



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami