search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pretima di Pura Pasek Gelgel Digasak Maling
Selasa, 8 Desember 2020, 21:10 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Kasus pencurian pretima terjadi di Pura Penataran dan Pura Pasek Gelgel Desa Adat Blahkiuh, Abiandemal Badung, Selasa (8/12/2020). Pretima yang hilang di Pura tersebut terdiri dari pretima bentuk patung dan soca, 4 prerai lapis emas dan 1 buah cincin warna keemasan. 

Terungkapnya aksi pencurian berawal saksi I Putu Jagra (57) hendak mencari bunga Kamboja pukul 05.30 wita. Saksi kaget melihat pintu tempat penyimpanan pretima dalam kondisi berantakan. 

Setelah dicek, saksi melihat beberapa barang pretima sudah tidak ada. 

"Saksi lalu melaporkan kejadian ke Bendesa Adat Blahkiuh dan Polsek Abiansemal," jelas Kasubag Humas Polres Badung Iptu Gede Oka Bawa.

Dalam keterangan saksi ke 2 yakni I Gusti Agung Ketut Sudaratmaja, saksi mendendengar panggilan dari saksi Putu Jagra bahwa tempat penyimpanan pretima telah di bongkar maling. 

"Saksi lalu datang ke TKP dan benar tempat penyimpanan pretima sudah di bongkar," ujar Iptu Oka. 

Diterangkannya, adapun barang pretima yang hilang di Pura Penataran yakni Pretima bentuk patung dan soca, 4 prerai lapis emas dan 1 buah cincin warna keemasan. Sedangkan TKP Pura Kawitan Pasek Gelgel tidak ditemukan barang hilang, namun pintu gedong terlihat ada kerusakan dan di dalamnya berantakan. 

"Dari hilangnya pretima di Pura Penataean Banjar Ulapan 1 mengalami kerugian Rp.19 juta. Sedangkan Pura Kawitan Pasek Gelgel mengalami kerugian Rp.15 juta," sebut Iptu Oka. 

Pihak kepolisian hingga kini masih menyelidiki kasus pencurian di dua Pura di Abiansemal Badung tersebut. Polisi juga mengerahkan tim identifikasi untuk mencari jejak para pelaku. 

Reporter: bbn/bgl



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami