search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rangsang Minat Mahasiswa Berwirausaha, Poltekpar Bali Gelar "Workshop"
Jumat, 19 Februari 2021, 17:15 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali bersama Unit Kewirausahaan Politeknik Pariwisata Bali mengadakan sebuah workshop yang bertajuk "Workshop Design of Thinking" pada hari ini, Jumat (19/2/2021) yang bertempat di Gedung Widyatula MICE, Politeknik Pariwisata Bali.

Tujuan diadakannya Workshop Design of Thinking adalah untuk merangsang minat mahasiswa agar mampu berwirausaha serta berpikir kreatif, sehingga nantinya akan tercipta sebuah ekosistem kewirausahan di lingkungan Poltekpar Bali. Workshop of Digital Thkinking diikuti sebanyak 77 mahasiswa yang berasal dari Poltekpar Bali dan luar Poltekpar Bali. 

Kegiatan hari ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Workshop Ideation, Workshop Value Proposition, dan Workshop Business Model Canvas yang dilakukan secara semi online. 

"Terselenggaranya Workshop Design of Thinking ini untuk menstimulasi, memberikan arahan, serta pelatihan kepada mahasiswa terkait kegiatan berwirausaha dan workshop ini sudah berjalan ke batch 5," papar I Putu Esa Widaharthana, SE, M.Sc, selaku Ketua Unit Kewirausahaan dan Bimbingan Karir Poltekpar Bali.

Adapun pembicara pada Workshop Design of Thinking kali ini adalah Dr. Dina Dellyana seorang Direktur Inkubator Bisnis SBM ITB. Ia sempat menjelaskan bahwa kegiatan bisnis dan berwirausaha tidak melulu seputar produk apa yang hendak kita jual, tetapi harus ditekankan pada bagaimana bentuk dari model bisnisnya. 

"Berinovasi itu tidak hanya fokus pada produknya saja karena hal yang lebih membutuhkan perhatian kita adalah bagaimana bisnis modelnya secara komprehensif. Kalau kita hanya berpikir dari segi inovasi semata, produk yang kita jual akan mudah membosankan," tuturnya. 

Untuk tahapan selanjutnya, acara workshop ini akan dilakukan penyaringan kelompok bisnis peserta yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan intensif melalui boothcamp. 

Sriyati, mahasiswi Poltekpar Bali menyatakan salah satu alasan dirinya beserta kelompok mengikuti kegiatan workshop ini adalah sebagai bentuk implementasi dari mata kuliah kewirausahaan yang didapatkannya pada masa perkuliahan. 

"Karena kita sudah memiliki ide, makanya saya dan teman-teman berinisiatif untuk mengembangkan ide kami, dimana ide usaha yang kami miliki berkaitan dengan virtual tour yang rencananya akan menyasar beberapa destinasi wisata yang ada di Bali," terangnya. 

I Putu Esa Widaharthana, SE, M.Sc, berharap dengan hadirnya Workshop Digital of Thinking dapat menciptakan awareness dan semakin membuka wawasan serta kreatifitas mahasiswa untuk terus belajar, serta berinovasi dalam berwirausaha.

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami