search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
PHDI Denpasar Sikapi Soal Genta Berbentuk Kelamin
Rabu, 1 Desember 2021, 16:25 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/PHDI Denpasar Sikapi Soal Genta Berbentuk Kelamin.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Genta atau bajra dengan bentuk pegangan menyerupai alat kelamin pria, viral dan banjir komentar di facebook yang diposting oleh akun "Ida Rsi Putra Manuaba".

Menyikapi hal itu, PHDI Kota Denpasar menemui pemilik genta unik itu. Sekretaris PHDI Kota Denpasar, Made Arka menyebut benda itu milik dari Ida Dukuh Celagi yang dipersembahkan kepada Ida Rsi Putra Manuaba sebagai cenderamata.

"Kami langsung datangi Ida Dukuh untuk meminta kejelasan tentang bajra itu. Kata Ida Dukuh, benda itu sudah ia musnahkan," terangnya yang saat menemui Ida Dukuh bersama Ketua PHDI Kota Denpasar Nyoman Kenak. 

Dari pertemuan itu, simbol alat kelamin itu memiliki makna mendalam dalam paham bhairawa. Guna mencegah pergunjingan yang melibatkan sulingih, Arka menyarankan pemilik untuk tidak menyebarluaskan dokumen tentang benda itu di sosial media. Dia juga menyarankan agar sulinggih tidak terlibat di media sosial. 

"Kami tidak melarang sulinggih bermain media sosial, namun untuk menekan potensi pergunjingan yang melibatkan unsur sulinggih, kami sarankan tidak bermain media sosial," terangnya. 

Saran tersebut telah ia sampaikan dalam beragam kesempatan, utamanya saat menghadiri upacara agama. Dengan bijak menggunakan media sosial, dia berharap potensi pergunjingan dapat ditekan. 

Reporter: bbn/dps



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami