search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Manfaat dari Mengkonsumsi Tomat Cherry Untuk Kesehatan
Kamis, 20 Januari 2022, 16:00 WITA Follow
image

bbn/halodoc.com/Manfaat dari Mengkonsumsi Tomat Cherry Untuk Kesehatan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Salah satu jenis buah yang cukup sering dikonsumsi untuk menjaga berat badan adalah Tomat cherry. Buah ini memiliki bentuk bulat atau sedikit lonjong dengan warna merah cerah. Sebagian besar varietas tomat cherry memiliki rasa asam, tapi ada pula jenis tomat yang memiliki rasa manis karena kandungan gulanya lebih tinggi.

Nutrisi tomat cherry sama baiknya dengan tomat pada umumnya. Sebanyak 100 gram tomat cherry mengandung 26 kalori, 1.6 gram protein, dan 5 gram karbohidrat. Buah ini juga mengandung serat sebanyak 1,6 gram serta berbagai macam vitamin dan mineral.

Vitamin dan mineral tertinggi dalam tomat cherry antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Ragam nutrisi inilah yang membuat tomat cherry memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan.

Dengan sejumlah vitamin dan mineral yang ada pada tomat cherry, buah ini memiliki sejumlah keunggulan dalam menjaga kesehatan. Berikut manfaat tomat cherry untuk kesehatan.

1. Menurunkan penyakit jantung

Likopen pada tomat cherry juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dan sistem peredaran darah. Caranya dengan menjaga kadar kolesterol serta meningkatkan produksi senyawa khusus yang melindungi pembuluh darah dari peradangan.

2. Menurunkan tekanan darah

Tomat cherry kaya akan kandungan kalium. Kalium dapat menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang pengeluaran natrium dari tubuh, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

3. Membantu menurunkan berat badan

Tomat cherry juga memberikan manfaat bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Pasalnya, buah ini mengandung sedikit kalori dan kaya akan serat. Serat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan terlalu banyak.

4. Menjaga kesehatan kulit

Tomat cherry mengandung banyak vitamin C dan beta karoten yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Bahkan, kandungan beta karoten pada tomat cherry lebih tinggi dibandingkan tomat pada umumnya.

Vitamin C bekerja dengan merangsang pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein yang menjaga kekuatan, kelenturan, dan kelembapan kulit. Sementara beta karoten bekerja dengan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Itulah sejumlah manfaat tomat cherry yang begitu beragam. Tidak kalah dari jenis tomat yang lebih umum dikonsumsi. Buah ini pun bisa diperoleh dengan mudah serta dapat diolah dalam berbagai jenis hidangan.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami