search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rekomendasi Buah Untuk Penderita Diabetes
Rabu, 2 Februari 2022, 09:05 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Rekomendasi Buah Untuk Penderita Diabetes

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Jika Anda menderita diabetes, kemungkinan ada seseorang sekitar Anda yang akan mengatakan bahwa Anda harus menghindari makan buah. Padahal, ada beberapa buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes. Lantas, apa saja buah untuk penderita diabetes?

Diketahui, buah segar utuh memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Hal ini menjadikan buah-buahan sebagai kelompok makanan padat nutrisi yang tentunya dapat menjadi bagian dari rencana perawatan diabetes yang sehat.

Namun, penderita diabetes harus berhati-hati. Pilihan buah tertentu dapat mempengaruhi kadar gula darah lebih dari yang lain. Nah, agar Anda tidak salah pilih buah, berikut ini rekomendasi buah untuk penderita diabetes yang bisa dikonsumsi melansir dari berbagai sumber.

1. Buah Beri

Buah beri, seperti stroberi, blueberry, dan blackberry, dapat memberikan manfaat kesehatan yang sangat berharga bagi penderita diabetes dan kondisi metabolisme lainnya. Buah beri kaya akan vitamin C, asam folat, serat, dan fitokimia anti-inflamasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa diet kaya buah beri dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Buah beri dapat membantu metabolisme glukosa dan pengaturan berat badan. 

2. Buah Sitrus

Buah Sitrus seperti jeruk, jeruk bali, lemon , dan limau mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi bersama dengan vitamin A dan potasium. Buah jenis ini juga baik dikonaumsi penderita diabetes. Fitonutrien yang ditemukan dalam jeruk juga telah terbukti mengurangi peradangan, mengurangi kerusakan sel, dan juga melindungi dari penyakit kardiovaskular.


3  Buah Pir

Buah pir penuh dengan serat sehat, pir adalah pilihan tepat untuk camilan renyah. Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa makan pir Bartlett dan Starkrimson utuh bahkan dapat membantu mengelola diabetes tipe-2.

4. Apel

Apel penuh dengan serat (sebagian besar ada di kulitnya, jadi biarkan saja), yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk ngemil bagi penderita diabetes. Anda bisa kombinasikan potongan apel dengan selai kacang atau almond untuk mendapatkan protein di setiap gigitan.

5. Buah Persik

Tidak ada yang bisa mengalahkan rasa manis dan berair buah persik di musimnya. Bersama dengan buah batu lainnya seperti plum dan nektarin, buah persik mengandung senyawa bioaktif yang menurut sebuah penelitian dapat melawan diabetes terkait obesitas.

Demikian informasi mengenai beberapa pilihan buah untuk penderita diabetes yang bisa dikonsumsi. Jangan lupa imbangi juga dengan olahraga. Semoga informasi ini bermanfaat.(sumber: suara.com) 
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami